9 Cara Memperbaiki IMEI Hilang / Invalid / Null pada Smartphone

cara memperbaiki imei hilang


Setiap Mobile Phone (Handphone, Smartphone, Tablet, dll) pasti mempunyai nomor IMEI, IMEI merupakan kependekan dari International Mobile Station Equipment Identity. Dengan istilah lain nomor IMEI adalah 15 digit nomor unik yang dimiliki oleh sebuah perangkat telekomunikasi bergerak yang berfungsi sebagai identitas dari perangkat tersebut. 

Dengan adanya nomor IMEI, sebuah perangkat telekomunikasi bergerak tadi dapat dikenali oleh penyedia layanan telekomunikasi, sehingga perangkat tersebut dapat mendapatkan layanan dari pihak penyedia layanan yang tentunya juga harus dibarengi dengan ditanamnya sebuah SIM Card.

Sebagai pengguna Android pastinya mengalami kejadian dimana smartphone kesayangannya mengalami permasalahan seperti Error, sering “Hang”, atau bahkan juga Bootloop, untuk mengatasi permasalahan tersebut biasanya diatasi dengan proses memperbaiki operating system dari Android tersebut.

Proses memperbaiki operating system dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan cara reset factory (Kembali ke Pengaturan Awal) melalui menu pengaturan pada sistem yang sedang berjalan dan yang kedua melalui proses flashing new system (memasukan operating system yang baru).

Namun terkadang pada saat kita memperbaiki operating system tersebut sering terjadi ketidaksempurnaan dalam prosesnya, sehingga walaupun si Android nya terlihat sudah normal kembali ketika kita akan melakukan panggilan ataupun mengirim SMS, panggilan/SMS tersebut selalu gagal.

Hal itu dikarenakan hilangnya nomor IMEI pada Android tersebut, apabila tidak adanya nomor IMEI pada perangkat kita, pihak penyedia layanan (Operator Telekomunikasi) pun tidak dapat mengenali perangkat kita dan tentu saja pada akhirnya tidak akan ada layanan yang dapat dipergunakan.

Banyak cara sebenarnya untuk memperbaiki IMEI invalid pada android, namun pada artikel Memperbaiki IMEI Invalid Pada Android kali ini penulis hanya akan menerangkan salah satunya yaitu melalui metode MTK Engineering. Sesuai dengan nama metode yang penulis pakai, maka cara memperbaiki IMEI invalid pada Android ini hanya berlaku untuk Android yang menggunakan basis processor MTK.

Memperbaiki IMEI Invalid Pada Android

  1. Lakukan proses rooting terlebih dahulu pada Android anda, apabila anda tidak mengetahui proses rooting dapat anda baca artikel Root Android
  2. Masuk pada mode MTK Engineering dengan cara mendial *#*#3646633#*#*, prosesnya persis seperti pada saat kita akan melakukan panggilan telepon. Apabila pada saat kita mendial kode tersebut namun Android kita tidak masuk pada mode MTK Engineering, artinya aplikasi MTK Engineering tersebut tidak terinclude pada system operasinya, sehingga aplikasi tersebut harus anda masukan atau install secara manual. Untuk aplikasinya dapat anda download di Google Play Store dengan nama MTK Engineering Mode. Muncul sebuah pertanyaan, bagaimana bisa download aplikasi di Play Store sementara androidnya sendiri tidak bisa koneksi? Jawabannya adalah “Tentu Bisa”, untuk caranya dapat anda lihat pada artikel Cara Download APK di Play Store.
  3. MTK Engineering Mode

  4. Setelah anda masuk pada mode MTK Engineering, berikutnya anda pilih menu connectivity

    Pilih Connectivity

  5. Lanjutkan dengan memilih menu CDS Information

    Pilih CDS Information

  6. Pilih menu Radio Information

    Pilih Radio Information

  7. Pada menu pilihan Phone 1 atau Phone 2, silahkan anda pilih sesuai slot SIM Card yang ingin anda masukan IMEI nya

    Pilih Phone 1 atau Phone 2

  8. Masukan kode IMEI sesuai IMEI pada perangkat Android anda, untuk mengetahui kode IMEI perangkat Android anda dapat dilihat pada badan ponsel dibalik battere. Perlu diperhatikan untuk memasukan kode IMEI gunakan AT+EMGR=1,7,”TULIS KODE IMEI DISINI” hanya untuk Phone 1 atau slot SIM 1, sementara untuk Phone 2 atau SIM 2 gunakan AT+EMGR=1,10,”TULIS KODE IMEI DISINI”

    Masukan Kode IMEI

  9. Setelah kode IMEI dimasukan, lanjutkan dengan memilih Send AT Command

Kode IMEI tidak akan langsung tersimpan pada perangkat Android anda sebelum anda melakukan restart perangkat, jadi tentunya setelah anda memasukan kode IMEI restart dahulu perangkat anda.

Lakukan pengecekan IMEI kembali setelah proses restart (dial *#06#)

Demikian artikel mengenai Memperbaiki IMEI Invalid Pada Android ini penulis sampaikan, semoga dengan mengikuti langkah-langkah diatas, smartphone kesayangan anda dapat kembali normal

Terima Kasih

Catatan : Nomor IMEI terdaftar resmi pada Dirjen Postel, penggantian nomor IMEI yang tidak sesuai sebagaimana tertulis pada badan ponsel maupun pada dus kemasan ponsel merupakan tindakan ILEGAL. Artikel ini semata-mata bertujuan dalam hal reparasi/perbaikan bukan untuk hal-hal ILEGAL, penulis tidak bertanggung jawab apabila artikel ini disalahgunakan. RESIKO DITANGGUNG SENDIRI!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak