6 Tips Untuk Menjadi Orang yang Kreatif

 

6 Tips Untuk Menjadi Orang yang Kreatif

Belajar kreatif telah menjadi bagian penting dalam meningkatkan kadar mutu kehidupan. Inti dari kreativitas adalah menghasilkan sesuatu yang baru, bahkan lebih baik. Dengan menciptakan sesuatu yang baru akan terus memancing daya dan kemampuan berpikir kita.

Hidup dan Pengalaman memiliki peran penting dalam mengenalkan dan mengembangkan pemikiran kreatif pada diri manusia. dan Tidak ada salahnya cara-cara berikut ini patut kita coba lho.


1. Lakukan Eksperimen Agar Otak Bisa Terasah

eksperimen agar kreatif


Kita seringkali hanya memakai daya pikir dan isi kepala kita untuk memikirkan hal hal yang sebenarnya cenderung tidak terlalu berguna.

dan keseringan hal tersebut dikarenakan kurang beraninya kita dalam bereksperimen terhadap hal hal baru ataupun sesuatu yang dikenalkan oleh orang lain kepada kita walaupun kita tau itu bukan hal baru. tapi jelas baru untuk diri kita sendiri.

Menjadi Kreatif artinya diri kita tidak boleh membatasi diri dan pikiran kita terhadap hal hal yang berbau eksperimen. sekalipun kita sudah pernah melihat atau mendengar hal yang sama. bukan berarti kita tidak berhak mencoba jika memang hal itu belum pernah kita lakukan sebelumnya.


2. Berani Mengambil Resiko Meski Berat.

kreatif dalam resiko


Menjadi Kreatif juga berarti kita harus berani mengambil resiko entah itu dengan konsekuensi kecil ataupun konsekuensi yang berat.

selama dengan menjalankannya kerugian hanya berdampak pada kita dan bukan kepada lingkungan dan orang lain disekitar, kenapa tidak? toh dengan berani mengambil resiko, pikiran kita akan terlatih memiliki second plan terhadap hal-hal yang mungkin bisa terjadi dan bisa mengejutkan jika sebelumnya tidak pernah kita coba sama sekali.


3. Lakukan, jangan hanya direncanakan

lakukan agar kreatif


Percuma jika kita hanya punya rencana bagus, ide cemerlang yang hebat. tapi hanya berkutat didalam isi kepala tanpa pernah ada action sekalipun untuk mewujudkannya.

jangan takut jika rencana yang disusun matang atau ide yang dianggap cemerlang gagal dalam peng eksekusian. toh, dengan telah melakukan dan mengerjakannya kita akan jadi tau dimana titik lemah dan kuat dari perencanaan yang telah kita buat sebelumnya.

dan kedepannya, akan menjadi senjata ampuh dan andalan bagi kita ketika melakukan eksekusi lanjutan terhadap rencana yang telah tersusun secara lebih matang. tapi bagaimana jika dia hanya berupa gagasan? mustahil dia akan membuat kita berhasil mengejar apa yang ingin kita capai dalam hidup.


4. Bertanya dan Cobalah Hal Baru

bertanya agar kreatif


Seringkali didalam diri kita muncul keragu raguan akan menanyakan tentang hal yang kita sendiri sangat tidak tau dan sebaliknya sangat ingin tahu dari orang lain.

tapi entah dikarenakan sifat introvert ataupun gengsi jika menanyakan kepada sumber yang bersangkutan dan berhubungan langsung dengan topik yang sedang ingin kita tanyakan menjadi penghambat pengetahuan kita untuk berkembang pesat.

tanyakan saja jika memang ragu dengan jawaban sendiri yang ada dikepala, dan jangan ragu juga mencoba hal baru yang sama sekali tidak pernah kita coba ataupun gagal sebelumnya disaat mencoba.

dengan bertanya dan mencoba hal baru, maka banyak hal yang bisa kita harapkan datang dalam diri kita. tidak hanya pengetahuan yang baru, tetapi lebih dari itu kreativitas kita kedepannya juga bisa lebih terlatih dan teruji tentunya.


5. Cari Ide Baru

ide agar kreatif


Hal ini berkaitan erat dengan seberapa besarnya rasa penasaran kita terhadap hal baru dan perasaan ingin mencoba eksperimen baru dalam hidup.

Dengan melatih kedua hal tersebut, sudah pasti daya kreativitas dalam diri kita akan terus berusaha dan menggali tentang ide ide baru dengan sendirinya.

tidak hanya pada ide orisinil dari dalam diri, tetapi juga second plan dan bagaimana cara memodifikasi suatu hal dari orang lain atau pihak luar akan lebih mudah dilakukan dengan terus menggali tentang ide ide baru.


6. Jangan Bosan menggali Ilmu dan Pengetahuan Baru

jangan bosan untuk kreatif


Ide Baru tentunya tidak akan mudah kita dapat dan bisa hadir begitu saja dalam diri dan isi pemikiran kita jika kita sendiri justru membatasi diri dari hal ilmu dan pengetahuan yang baru pula.

merasa puas diri dan cukup dengan pengetahuan yang dimiliki saat ini adalah merupakan pembunuh terkejam dalam kita berupaya melatih daya kreativitas diri sendiri.

terus belajar, jangan pernah bosan menggali lebih dalam tentang ilmu dan pengetahuan meskipun kita sudah mengetahui dan mengenalnya sebelumnya. 

dalam dunia belajar dan kreativitas, tidak ada kata cukup. yang ada hanya kata terus, dan terus belajar. meskipun dari hal atau sumber yang sama.

karena bisa jadi, di pengalaman belajar kita sebelumnya ada beberapa bagian atau pixel pembelajaran yang terlewat bahkan terlupakan. dan dengan mengulannya bisa jadi bagian atau pixel pixel yang terpisah tersebut bisa menjadi satu kesatuan sempurna untuk pengetahuan dan tentunya kreativitas pikiran kita dimasa depan.

Mengembangkan kreativitas dalam diri bisa dilakukan dengan mengondisikan atau membangun suasana yang memicu kemampuan berpikir dan berkarya. Dasarnya adalah menguasai pengetahuan, juga menerapkan ilmu dalam bentuk keterampilan. kita juga bisa meminta rekomendasi orang lain untuk memberi masukan tentang apa yang perlu dilakukan agar pikiran kreatif dan kreativitas dalam diri kita tetap muncul dan terjaga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url