Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

12 Alasan Penting Mengajarkan Beladiri Pada Anak Sejak Dini

pentingnya beladiri bagi anak
Taekwondo Stella


 Siapa sih Orang Tua yang tidak berharap atau ingin anaknya untuk bisa menjaga dan membela diri sewaktu-waktu ketika ada kondisi dan keadaan mendesak dimana perlawanan menjadi satu-satu nya cara dalam mempertahankan diri dari hal buruk yang tidak diinginkan.

Sayangnya harapan tersebut tidak diiringi atau seiring berjalan dengan langkah orang tua dalam mengikutkan anak-anaknya dalam kelas beladiri. kebanyakan dari orang tua tersebut masih berpikir dan beranggapan bahwa dengan mengikut sertakan sang buah hati kesayangan kedalam kelas beladiri akan membuat si buah hati menjadi pribadi yang kasar dan keras.

padahal, ada banyak hal positif dengan mengikut sertakan sang buah hati kedalam kelas ilmu beladiri tersebut. berikut 12 Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Beladiri Sejak Dini :

BACA JUGA 6 Alasan Anak Perempuan Harus Belajar Beladiri

1. Hormat Pada Orang Lain

beladiri anak


Anggapan jika buah hati akan menjadi pribadi yang keras ataupun kasar jika diikutkan dalam pendidikan beladiri tidaklah sepenuhnya bisa dibenarkan. benar jika sikap arogan kemungkinan akan hadir dalam diri buah hati kita dikarenakan ia menerima pendidikan beladiri. tapi semua itu bisa di tangani dengan menekankan kepada mereka bahwa beladiri yang mereka miliki bukan untuk menekan orang lain, melainkan untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang disekitar yang membutuhkan pertolongan.

didalam seni beladiri, sikap sportif sangat ditekankan. itulah sebabnya mereka yang memiliki dasar ilmu beladiri akan lebih dapat menghargai dan menghormati orang lain apalagi mereka yang dianggap lebih lemah. karena sikap sportif tersebut sangat dijunjung tinggi dalam dunia seni beladiri.

2. Keseimbangan

Melatih beladiri pada anak tidak hanya menekankan kepada hal pertahanan ataupun perlawanan diri ketika menghadapi situasi-situasi tertentu. tapi juga melatih keseimbangan didalam diri mereka, bukan hanya keseimbangan dalam hal fisik. lebih dari itu, dengan membiarkan buah hati berlatih beladiri sejak dini, kita juga secara tidak langsung mengajarkan mereka melatih keseimbangan pikiran dan perbuatan mereka.

3. Percaya Diri

beladiri anak


Pada artikel sebelumnya yang membahas tentang pentingnya anak wanita mempelajari beladiri, saya telah menjelaskan tentang pelatihan kepercayaan diri pada anak ini. dengan memiliki ilmu beladiri, tingkat kepercayaan buah hati kita akan setingkat lebih tinggi ketimbang anak-anak sebaya mereka yang tidak mempelajari beladiri ini.

4. Melatih Daya Tahan Tubuh

Bukan Rahasia jika dengan pelatihan fisik yang intens dan cukup keras pada seni beladiri secara langsung juga akan berdampak pada ketahanan fisik buah hati kita nantinya.

5. Membela diri

beladiri anak


Tujuan utama dari seni beladiri tentu saja adalah mempelajari bagaimana cara untuk mempertahankan dan membela diri di situasi berbahaya tertentu yang sudah pasti sulit dilakukan oleh mereka yang tidak pernah mempelajari seni dan dasar-dasar ilmu beladiri.

6. Disiplin

Disiplin adalah bagian utama dalam seni beladiri, begitu juga bagi para pelaku seni ini. mereka yang terbiasa sejak dini belajar dan mengamalkan dasar-dasar beladiri dengan benar pasti tau dan tidak merasa asing dalam melaksanakan kedisiplinan dalam setiap bagian hidupnya kelak

7. Fokus terhadap Tujuan

Sejak memasuki pendidikan beladiri yang dimulai dari sabuk Putih, buah hati kita sudah ditanamkan dan diajarkan mindset untuk mencapai tujuan berikutnya yaitu sabuk kuning dan lainnya. dan untuk mendapatkan tingkatan sabuk tersebut, mereka diminta untuk fokus dalam berlatih dan menerapkan tiap latihannya.

dan itu juga secara tidak langsung akan terbawa sampai mereka dewasa nanti, dimana fokus itu sangatlah penting demi mencapai suatu tujuan dalam hidup mereka nantinya.

8. Meningkatkan Rasa Waspada

Terbiasa untuk mawas diri terhadap keadaan dan lingkungan sekitar adalah dasar-dasar yang diajarkan dan ditekankan terus menerus dalam seni beladiri. karena hal-hal kecil dan mendetail sangatlah diperhatikan dalam pendidikan seni beladiri.

9. Terbiasa dengan Situasi Sulit

beladiri anak


Target, dan diminta untuk selalu fokus demi mencapai tujuan adalah salah satu musuh utama dan sulit dicapai dalam kehidupan manusia. dan kita berharap hal-hal tersebut bukanlah sesuatu yang menyulitkan bagi buah hati kita dimasa depan mereka. dengan membiarkan mereka melatih seni beladirinya sejak dini kita bisa mengharapkan bahwa kelak mereka akan terbiasa dan mengganggap biasa segala hal dan situasi yang dianggap orang lain sulit nantinya.

10. Obat Stress

beladiri anak


Tekanan Belajar, Tugas Rumah, Dorongan untuk BerPrestasi dari Orang Tua tidak jarang membuat buah hati kita menjadi Stress. dan bilamana tidak ada suatu hal untuk menyalurkan semua tingkatan stress tersebut bukan tidak mungkin buah hati kesayangan kita akan menjadi pribadi yang mudah depresi karena memendam-mendam tekanan stressnya.

dengan mengajarkan mereka beladiri atau mengikutsertakan mereka kedalam kelas ilmu beladiri, diharapkan bisa menjadi bahan pelampiasan untuk mereka bisa menyalurkan semua beban stressnya.

11. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Memiliki Putra Putri yang memiliki jiwa Leadership tentu adalah harapan bagi kita semua sebagai orang tua. dan jiwa Pemimpin atau Leadership tersebut bukanlah hal yang datang atau ada secara tiba-tiba dan tidak pula semua anak memilikinya sejak lahir.

tapi jiwa leadership atau kepemimpinan tersebut bisa dilatih dan dipelajari. dan salah satunya adalah dengan berlatih seni ilmu beladiri.

12. Prestasi

beladiri anak


dan yang Terakhir, adalah Prestasi. jangan bohong, sebagai orang tua meskipun kita tidak memaksakan mereka untuk bisa berPrestasi tapi jika SiBuah Hati memiliki sebuah Prestasi tentulah hal yang sangat menyenangkan juga menggembirakan bagi kita selaku orang tua.

Dan dengan giatnya berlatih serta tekun mempelajari seni ilmu beladiri ini, tentu sangat membuka peluang bagi putra putri kesayangan kita untuk bisa meraih salah satu Prestasi dalam hidupnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak