Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Gaji PNS, Hal yang Selalu Menarik Perhatian Masyarakat

 

Menariknya Gaji PNS dimata Masyarakat

Dari sisi "Pendapatan, Pegawai Negeri Sipil - (PNS)/ASN" bisa disebut dan dinilai sebagai salah satu pekerja dengan Nilai Penghasilan Stabil dibandingkan beberapa Profesi lainnya. terlebih lagi jika dilihat dengan kondisi Pandemi saat ini.

Dan berkaca pada fakta tersebut, seakan hal wajar bila "Gaji PNS" atau "Gaji Pegawai Negeri Sipil" selalu menjadi tema yang Dibicarakan Masyarakat maupun Bahan Berita bagi Media media untuk mengulik serta mengangkat ISU dan Tema berita yang selalu hangat untuk dijadikan Headline News Tiap Tahunnya. seolah itu Masalah utama di Negeri ini.

Yang patut dan seharusnya menjadi pertanyaan adalah : "Benarkah jumlah dan kenaikan Gaji PNS tiap tahun besar?" atau, "Berapa Penghasilan sebenarnya dari PNS?" sampai sampai hal ini selalu menarik Perhatian seluruh kalangan masyarakat di negeri ini.

Kenapa jika dibandingkan dengan pekerja pekerja dari unit usaha Milik Negara yang lain atau biasa disebut BUMN. yang notabene, sama sama anak kandung dalam hal profesi dan Pekerjaan di Negeri ini. selalu tentang Besaran Gaji, Tunjangan, THR, atau Fasilitas fasilitas dari Para PNS yang dibicarakan serta dipertanyakan kepatutan akan besaran jumlahnya.

belum lagi, jika kita sudah bicara tentang berita kenaikannya. seolah olah, seakan akan telinga kita, mata kita, tidak sanggup dan tidak terima mendengar dan melihat hal tersebut terwujud. dan sebenarnya, berapa sih besaran kenaikan yang bisa diterima tiap tahunnya dari "Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS)"?. apakah benar Gaji PNS lebih besar dari Gaji Karyawan Swasta atau bahkan Gaji Pegawai BUMN?

Berapa Gaji PNS Sebenarnya?

mari kita kesampingkan Pemberitaan mengenai Besar Gaji PNS yang akan naik atau menjadi Sebesar 9 Juta Rupiah nantinya. yang belum jelas dan pasti kebenarannya atau realisasinya kedepan. dan dengan mengesampingkan hal tersebut, kita akan mudah mencerna dan melihat fakta apakah pantas kita menilai gaji PNS besar, dan masih sering keberatan jika mereka menerima Kenaikan Gaji PNS Tiap Tahunnya.

Sama seperti Pekerjaan jenis apapun, selalu ada jenjang dan penyesuaian jumlah Gaji atau Upah dalam tiap unit usaha bagi para pekerja didalamnya. dan tidak terkecuali, ini juga berlaku bagi Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS / ASN). yang artinya, semakin tinggi jabatan atau masa kerja yang dalam hal ini di sebut sebagi tingkat dan golongan, maka semakin besar pula Penghasilan atau Gaji PNS.

jadi, Berapa Gaji PNS Sebenarnya sih? saya menghimpun informasi dari cnbc tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019. bahwa Gaji untuk semua PNS ditentukan oleh lama masa kerja dengan Rincian Gaji seperti Gambar dibawah ini:

tabel gaji pns


dan "Besar Tunjangan Gaji PNS" Seperti Gambar Tabel di bawah ini :


tabel gaji pns

Berapa Gaji Karyawan Swasta dan Pegawai BUMN? 

dan masih dari sumber yang sama, pada artikel di 2019 salah satu riset terkemuka yang bisa menjawab pertanyaan tersebut yakni Kelly Services menguraikan besaran gaji dari staf golongan terendah sampai tertinggi pada suatu instansi Swasta ataupun BUMN. seperti bisa dilihat pada tabel Gaji Swasta dan Gaji BUMN dibawah ini:

tabel gaji

tabel gaji

tabel gaji

tabel gaji

tabel gaji

Mana yang Lebih Besar antara Gaji PNS vs Gaji Karyawan Swasta ataupun Pegawai BUMN?

Adakah pada tabel diatas Gaji atau Penghasilan Terendah dari Karyawan Swasta atau Pegawai BUMN yang dibawah 3 Juta? Apakah setelah melihat data diatas kalian masih berpikir Gaji PNS masih terlihat lebih Besar ketimbang Gaji Karyawan Swasta apalagi Pegawai BUMN? dan kalian masih ingin membicarakan tentang ketidak sukaan dan menyatakan ketidak setujuan terhadap semua Penghasilan yang bisa didapat Oleh seorang PNS?

Justru, kenaikan Gaji Pertahun PNS tidak pernah menyentuh angka lebih tinggi dari 5%. bagaimana jika dibandingkan Karyawan swasta yang rata rata kenaikan pertahunnya mencapai 8 - 10% dari gaji pokok dari tahun sebelumnya? belum lagi jika bicara mengenai kenaikan Gaji Pegawai BUMN. dan yang perlu diperhatikan adalah, bahwa tabel diatas merupakan riset tahun 2018, bagaimana dengan 2021? apa mungkin jumlahnya mengecil? tidak mungkin....

Ya itukan data cuma soal Gaji yang nampak bang, penghasilan lain lainnya yang gak terungkap? yaa....., itu boleh kalian tanyakan. tapi coba skroll keatas, lihat dan baca ulang tabelnya. apa mungkin seorang PNS dengan Golongan II bisa mendapatkan Tunjangan Seorang ESELON yang bernilai diatas 100 Juta?

Penghasilan atau Gaji PNS sudah pasti seiring berjalan dengan Pangkat dan Golongan nya, Pangkat dan Golongannya tersebut juga seiring berjalan dengan TUKIN (Tunjangan Kinerja) yang kelak ia dapat. dan satu hal lagi, kini...., dijaman ini..., jumlah TUKIN tersebut disesuaikan dengan Seberapa banyak Beban Pekerjaan yang seorang PNS miliki, atau bisa diartikan dengan semakin besar beban tugasnya maka semakin besar penghasilan diluar Gaji Pokok pun begitu sebaliknya.

Ahh..., abang kayak gak tau aja itu bisa diakal-akali. yap betoll! itu barangkali bisa diakali, selama mereka memang gak berakal, tapi yang berakal gak mungkin ngelakuin hal haram seperti itu. dan kalian pikir, bagaimana dengan para pekerja di bidang swasta ataupun BUMN lainnya? yakin mereka tidak melakukan hal yang sama? kalian yakin, semua pekerja di bidang swasta dan BUMN bekerja dengan jujur? dan hanya Para PNS saja yang bisa gak jujur?

Baca Juga : Benarkah Berita kenaikan Gaji PNS

yaa...., gak gitu juga maksud kami bang. ah udahlah, payah ngomong sama abang. gak payah ngomong sama aku, yang payah tu, diri kalian sendiri yang kalau ngomong pake rasa iri dengki. segala penghasilan orang di itung itung. untung gak kubilang IRI BILANG BOSS...., makanya belajar yang betol, jangan banyak maen maen, gosip gosip..., biar kalo ada ujian CPNS bisa daftar, coba, ujian terus lulus.

Biar kalian rasakan jadi PNS tu gak se enak dan segampang yang dilihat, kecuali niat nya mau santai-santai ya pantasla. Tuhan pun malas ngasi kesempatan. Jadi cukup ya, ngeribetin kenaikan gaji, nyinyirin jumlah tunjangan PNS. yang kalian pikirkan cuma berdasarkan kekotoran pikiran aja kok. bukan realitanya.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak