5 Tips Atasi Anak yang Susah Tidur Malam

 

tips anak dapat tidur cepat

Sebagai Orang Tua Mungkin kita sering mengalami, anak kita sering sulit tidur ketika sudah larut malam. Bahkan si kecil masih bermain-main dengan mainannya hingga larut malam sehingga waktu tidur anak menjadi tidak tepat. Permasalahan tersebut memang menjadi perhatian tersendiri karena selain menganggu jadwal tidur juga khususnya bagi kedua orang tua yang bekerja dan pagi-pagi harus pergi kerja tentu menjadi problema.

Kiat mengatasi agar anak tidak tidur larut malam sangat dipengaruhi oleh orang tua. Sebenarnya tidur larut malam bukan disebabkan kesalahan anak tetapi faktor konsistensi dari orang tua. Hal itu diungkapkan oleh Dr. Richard Ferber, seorang pendiri dari Center for Pediatric Slepp Disorders di rumah sakit anak-anak, Boston, Amerika Serikat.

Berikut ini kiat mengatasi Si Kecil Sulit Tidur Malam yang disampaikan oleh Dr. Ferber melalui bukunya yang bertajuk Solve Your Children’s Sleep Problems.

Menciptakan suasana dan lingkungan tidur yang nyaman bagi si anak

Agar tercipta kondisi tersebut, kita harus konsisten didalam menerapkan lingkungan tidur. Membiasakan si kecil untuk tidak merasa asing dengan kamarnya, sejak awal tidur hingga dia terbangun agar dia sehingga ia nyenyak sepanjang malam. terkadang memang adakalanya kerap bangun beberapa kali dalam semalam pada anak bahkan termasuk juga pada orang dewasa, jadi lingkungan nyaman untuk istirahat sangat perlu mendapat perhatian lebih.

Jadwal waktu tidur

Kita sebagai orang tua harus konsisten didalam mengatur waktu tidur si anak. Tidak membiarkan si anak tidur siang terlalu lama yang dapat menyebabkan si kecil tidur larut malam. Selain itu, orang tua harus dapat memberi contoh dengan menerapkan jadwal waktu tidur sendiri sehingga anak akan menirunya.

Jujur kepada anak

Ketika menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, orangtua harus bersikap jujur kepada anak. Jika kita ingin keluar kamar, sebaiknya memberi tahu dia atau biarkan si anak mengetahuinya. Jangan keluar secara diam-diam sehingga ketika si kecil terbangun di tengah malam dan kita tidak berada disisinya maka permasalahan akan timbul.

 Disiplin

Jadwal atau rutinitas yang telah kita buat, sebaiknya di terapkan oleh anggota keluarga yang lainnya ketika menidurkan si kecil. Misal setiap sebelum tidur, si kecil akan dibacakan cerita maka semua pihak sebaiknya melakukan hal yang sama.


 Menghindari memberi makan yang tidak terlalu perlu di malam hari

Menurut Dr. Ferber, sering kali orangtua suka memberi makanan atau minuman terus menerus di malam hari ketika timbul permasalahan si anak sulit tidur. Aktifitas itu dapat memberi dampak kepada pola tidur si anak nantinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url