14 Tips Membeli Laptop

 

Tips Membeli Laptop

Tips Membeli Laptop Baru

Sama halnya dengan barang elektronik lain, kinerja dan performa sebuah laptop umumnya akan menurun dan melambat seiring dengan jalannya waktu. Walaupun dapat diakali dengan service, pada akhirnya membeli atau mengganti dengan yang baru adalah jalan keluar paling logis demi mendapat dan merasakan performa laptop yang sesuai dengan tuntutan jaman.

Sampai hari ini ada banyak sekali jenis laptop yang beredar di pasaran. Harga dan juga modelnya pun turut beragam. Nah, jika anda berniat untuk membeli sebuah laptop baru, berikut ini akan kami berikan empat belas tips dalam membeli sebuah laptop baru.

Merk

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah merk nya. apakah laptop baru tersebut berasal dari produsen yang telah terkenal akan ketangguhan, ketahanan, kualitas, serta jaminan service yang telah terpercaya dan ada hampir disemua kota.

atau merupakan merk dari produsen baru yang mencoba memberikan pilihan lain bagi anda yang sedang butuh sebuah laptop baru. sebenarnya keduanya bukan masalah, mau itu merk yang telah lama ataupun yang masih baru.

selama pelayanan akan garansi, kualitas dan servicenya mampu mencakup dan melayani dimana kota anda berada tentunya pilihan akhir hanya tinggal ada ditangan anda. lebih memilih merk yang telah lama ada, atau mau mencoba kualitas produk dari sebuah merk baru yang siapa tau memiliki kualitas diatas rata-rata.

Model / Design

Pertimbangan lainnya dari sebuah laptop baru tentunya adalah model yang akan dibeli. pesatnya perkembangan dan persaingan di industri komputer jinjing ini memang sangat ketat. dan itu terbukti dengan setiap produsen menciptakan produk dengan model andalannya masing-masing.

mengenai model memang soal selera, dan tidak lupa juga tergantung dengan fashion anda. tapi terkadang tampil trendi dengan laptop terbaru yang tentunya dengan model terbaru juga tidak ada salahnya. toh semua juga demi menunjang penampilan anda saat menggunakannya.

Warna

Jika sudah mempertimbangkan soal model, tentu hal berikutnya adalah warna. apakah warna yang ditawarkan oleh produsen tertentu sesuai dengan selera anda terhadap warna. 

terkait soal warna, produsen laptop saat ini sangat paham akan minat terhadap para pengguna yang cenderung kreatif dan atraktif dalam memilih sebuah warna gadget pendukung mobilitasnya. maka tidak heran jika saat ini anda akan sering menemui laptop dengan warna mencolok dari kuning hingga hijau menyala.

Ukuran

Ukuran laptop adalah salah satu pertimbangan penting bagi para penggunanya. pada umumnya, memilih ukuran laptop disesuaikan dengan mobilitas dan kemudahan dalam membawanya saja.

tapi saat ini, ukuran menjadi hal yang penting diluar hanya memikirkan soal mobilitas dan juga kemudahan membawanya. karena beragam kegiatan entertainment para anak muda, menjadikan ukuran laptop terbaru teramat sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli yang baru.

Konektivitas

Sebelum anda membeli sebuah laptop baru, perhatikan soal yang satu ini. ya, konektivitas adalah hal yang sangat penting dari sebuah laptop. karena, jangan sampai ketika anda sudah terlanjur membelinya namun ada hal yang berkaitan dengan konektivitas tidak ada didalam perangkatnya.

seperti apakah support dengan HDMI, USB 3.0, Bluetooth, ada berapa jumlah colokan USB dan beragam hal lainnya yang berkaitan dengan koneksi.

Daya Tahan Baterai

Para pengguna laptop umumnya memakai sebuah laptop untuk pekerjaan diluar atau dilapangan. yang biasanya, penggunaan charger diabaikan sehingga terkadang dilupakan untuk dibawa. ataupun jika charger terbawa, bingung untuk mencari colokan listrik dimana. yang pada akhirnya, hanya murni mengandalkan kekuatan atau daya tahan dari baterai si laptop.

untuk itu, daya dan ketahanan dari baterai laptop baru yang akan anda beli wajib untuk dilihat dan dipahami dengan cermat. apakah daya yang ditawarkan akan mampu menunjang mobilitas anda saat menggunakannya diluar tanpa bantuan charger nantinya.

Kualitas Layar

Kualitas layat tidak hanya terpaku pada penggunaan material dan besarnya ukuran layar yang pasti berkaitan dengan ukuran si laptop baru. tapi kualitas yang dimaksud adalah apakah kualitas gambar dan juga tampilan yang dihasilkan akan sesuai dengan kebutuhan anda.

bagi seorang design grafis ataupun para konten kreator, hal satu ini sangat penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop baru. karena hasil dari pekerjaan anda nantinya akan sangat bergantung dari hasil atas kualitas layar laptop baru anda.

Kenyamanan Papan Keyboard

Pertimbangan selanjutnya adalah soal keyboard. tampak sepele memang, tapi akan sangat berpengaruh dengan enak tidaknya anda menggunakan si laptop baru ini nantinya.

karena mau bagaimanapun, pengguna laptop pasti 80% kerjanya ada diatas tombol keyboard. yang artinya, kualitas dan kenyamanan diatas papan ketik tersebut haruslah dalam kondisi sebaik mungkin. jangan sampai karena tergiur dengan tampilan dan warna anda sampai mengabaikan kenyamananan saat menggunakannya nanti.

pilihlah laptop baru dengan kenyamanan papan ketik yang sesuai dengan diri anda. soal lebarnya, jarak tombol yang satu dengan lainnya. sampai pada seberapa bagus kualitas dari papan keyboardnya.

Processor

Isi atau Jenis Processor apa yang ditanamkan didalam laptop baru tersebut juga harus menjadi bahan pertimbangan bagi anda sebelum membelinya.

karena setiap processor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka saran dari kami adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan anda dalam penggunaannya nanti.

Selain akan mempengaruhi dari segi harga, ketepatan guna juga harus menjadi bahan pertimbangan anda sebelum membeli sebuah laptop baru dengan jenis processor tertentu.

Jenis dan Ukuran Ruang Simpan

Hal terpenting dari sebuah laptop baru adalah soal ruang simpannya. tentunya, anda tidak mau membeli laptop baru dengan ruang penyimpanan yang sama dengan laptop lama anda kan?

selain itu, ruang penyimpanan sebuah laptop saat ini juga sudah beragam dengan jenis HDD maupun SSD. yang tentunya, kualitas dan juga kecepatan yang ditawarkan juga berbeda, dan pastinya dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing pula. belum lagi soal harga, maka pastikan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Ukuran RAM

RAM Menjadi salah satu hal vital dari sebuah komputer yang dalam hal ini adalah sebuah laptop. kinerja sebuah laptop sangat dipengaruhi dengan kualitas dari sebuah RAM yang dimilikinya, entah itu berkenaan dengan merk ataupun ukurannya.

maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop baru ada baiknya anda mencari tau soal jenis atau merk RAM yang digunakan dan tidak lupa ukuran dari RAM itu sendiri.

Layanan Service

Seperti yang kami singgung diawal-awal sebelumnya, bahwa keputusan untuk membeli sebuah laptop baru juga harus diiringi dengan informasi dan juga pengetahuan kita akan layanan service dari produsen laptop tersebut.

apakah layanan servicenya tersedia di kota tempat anda berada, kualitas layanan servicenya dari mulai kemudahan klaim garansi, kecepatan pengerjaan service dan lain sebagainya.

Layanan After Sales

Hal yang tidak kalah penting dari pertimbangan membeli sebuah laptop baru tentunya adalah soal bagaimana harga jual second nya dipasaran. apakah stabil, atau justru jatuh di pasaran. hal ini kami anggap penting karena sewaktu-waktu anda ingin mengganti laptop dengan yang baru, tentu pertanyaan yang timbul setelahnya adalah, laptop lamanya akan dikemanakan?.

jika akan diberikan atau dihibahkan kepada sanak saudara ataupun teman terdekat tentu masalah soal harga jual balik tidak akan berpengaruh sama sekali. namun jika ingin agar bisa menjadi dana tambahan untuk dapat membeli produk laptop terbaru, tentu harga jual second nya akan sangat penting bagi kita. maka dari itu, pertimbangkan soal satu ini juga sebelum membeli laptop baru ya guys.

Harga

Dan yang terakhir, tentu pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli dan membawa pulang sebuah laptop baru adalah harga jualnya yang harus kita tebus. apakah itu sesuai dengan kemampuan kantong kita, atau justru kita harus mengeluarkan biaya tambahan lebih dengan cara mencicil lewat kartu kredit, pihak leasing atau beragam layanan hutang online.

ada baiknya dan saran utama dari kami tentunya adalah sesuaikan jenis, merk dan model laptop baru yang ingin anda beli dengan isi kantong atau dompet anda. jangan karena ingin memiliki sebuah laptop baru justru menjadikan anda harus berhutang atau menguras isi tabungan.

demikian sedikit ulasan dan juga tips dari kami bagi anda yang ingin membeli serta mendapatkan sebuah laptop baru. semoga bermanfaat
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url