Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

4 Tips Biar Blogger tidak Berhenti Menulis

 

agar blogger tidak berhenti membuat konten

Sebenarnya jika ditanya, kenapa sih seorang Blogger sampai istirahat sejenak untuk Menulis, atau jika memakai kata yang sering dipakai para mangaka adalah "HIATUS". Maka Alasan untuk Menjawab pertanyaan tersebut bisa banyak. bahkan tidak sedikit Blogger yang akhirnya sampai memutuskan untuk Berhenti Menulis hingga Menutup Websitenya. 

tapi, apa gak ada cara yang bisa atau perlu dilakukan oleh Si Blogger agar jangan sampai Berhenti Menulis? Berikut sedikit Tips dari saya. hal yang perlu dilakukan oleh seorang blogger agar tidak berhenti menulis.

Menulis dengan Percaya Diri

Hal Pertama adalah Kepercayaan Diri. Kepercayaan Diri dalam apa? dalam Menulis tentunya. sebaiknya jangan hiraukan komentar negatif akan gaya penulisan anda. selama kata yang anda pakai dan gunakan di tiap kalimatnya bukan kata yang terlarang. gas aja.

Jangan memaksakan diri buat mencoba apalagi meniru gaya menulis orang lain yang anda anggap bagus dan keren. menjadikan tulisan dan gaya bahasa yang digunakannya buat menjadi referensi silahkan. tapi jika kemampuan kita tidak memadai untuk kesana, cukup menjadi diri sendiri saja saya rasa jauh lebih bagus.

atau sembari tetap menulis dengan percaya diri. anda bisa sekalian belajar lebih banyak dari sumber-sumber tulisan atau para blogger yang anda anggap jika tulisannya bagus dan bisa memotivasi anda buat terus menulis.

toh, keahlian anda dalam menulis, merangkai kata serta kalimat. nantinya akan terasah sendiri dengan sering dan rajinnya anda menulis dan menuangkan ide-ide yang ada didalam kepala.

tapi bagaimana jika belum-belum anda sudah tidak percaya diri dengan tulisan sendiri? alih-alih menjadi semakin ahli dan lihai dalam menulis. bisa-bisa justru ide yang berseliweran didalam kepala anda hanya akan berhenti sebatas ide semata, tanpa pernah dieksekusi sedikitpun.

tulis saja tentang hal apapun. apapun yang anda suka, apapun yang menarik minat dan perhatian anda. jangan batasi diri anda hanya pada satu topik tertentu yang diangkat oleh blogger lain dan menjadi trending.

jika ibarat kata yang sering saya dan teman-teman pakai adalah istilah "blogger gado-gado". karena belum jelas kemana arah dan tujuan tulisannya di targetkan. kenapa nggak? toh, dengan semakin banyaknya judul dan macam tulisan yang anda hadirkan didalam blog anda. 

darisana nantinya anda akan tau, tema atau topik mana yang sering dikunjungi dan menarik perhatian orang lain. dan jika sudah begitu, artinya anda tinggal asah saja keterampilan dan pengetahuan atas topik tema yang bersangkutan.

Riset Hal-hal Baru

Riset hal baru. artinya pelajarilah banyak hal diluar bidang yang anda suka dan gemari. seringnya yang menyebabkan seorang blogger istirahat menulis dikarenakan habisnya ide didalam kepala.

dan kehabisan ide ini seringnya dikarenakan, sebagai blogger dia hanya berfokus dan mencoba mendalami sebuah topik atau tema tertentu, tanpa mau tau mengenai topik lainnya.

sehebat-hebatnya seorang penulis. daya kreatifitasnya pasti punya batas jika hanya membahas dan menceritakan satu topik saja, bahkan se advance apapun tingkat pengertian dan pengetahuannya akan topik tersebut.

itu sebabnya saya sarankan bagi anda untuk pergi keluar mempelajari hal-hal baru yang tidak pernah anda tau sebelumnya. saya jamin, dari sana anda akan mendapatkan puluhan ide baru untuk bisa anda tuangkan kedalam sebuah tulisan.

Riset terhadap Hal-hal yang Dibutuhkan

Riset hal yang Dibutuhkan. berbeda sedikit dari riset hal baru diatas. disini saya sarankan anda agar mencari tau tentang apa yang sedang hangat terjadi di masyarakat. atau hiburan apa yang sedang digemari oleh masyarakat. seperti Sinetron Ikatan Cinta Contohnya.

dengan mengetahui apa yang sedang hangat terjadi di sekitar, darinya anda akan mudah mendapatkan ide untuk membuat tulisan dalam artikel anda nantinya.

jangan melulu merujuk atau berkutat kepada sesuatu hal dan tema mengenai dunia blog yang baku seperti kenapa blogger bisa frustasi, yang hanya akan menjadikan anda sebagai penulis yang terkesan idealis dan kaku.

bahas saja beragam hal yang sedang terjadi, atau baru terjadi dan hangat menjadi perbincangan di masyarakat. atau tulis tentang beragam hal tentang yang dibutuhkan atau dicari oleh banyak orang agar kegiatan menulis anda sebagai blogger tidak berhenti. contoh seperti bagaimana cara memasak nasi, bahkan bisa anda jadikan sebagai tulisan. tentunya dengan gaya bahasa dan tulisan yang menjadi ciri khas anda sendiri.

Tulis hal Yang Memotivasi

gimana mau menulis hal yang memotivasi, la wong saya sendiri aja sekarang ini butuh motivasi bang. anda bisa saja benar, tapi bukan berarti saya salah dalam menyarankan tips yang satu ini.

Jika anda Ingat-ingat kebelakang. dan mengenang masa yang lebih sulit dari sekarang ini,  masa' sih nggak ada satupun hal yang akhirnya membawa anda bangkit, dan bisa berada pada titik sekarang ini?

Baca Juga : Tips Hilangkan Rasa Jenuh Blogging

jika ada, tulislah empat lima baris kalimat dalam kata-kata yang bisa anda jadikan bahan tulisan didalam blog milik anda. karena siapa yang tau? barangkali ada setidaknya 1 orang yang membutuhkan kata-kata dan cerita motivasi tersebut. jangan pikirkan siapa satu orang yang akan membacanya lebih dulu. 

entah sadar atau tidak, begitu nanti anda tuliskan hal tersebut, sudah ada satu orang yang setia menunggu hasil karya tersebut. dan orang pertamanya itu adalah kamu. jadi, jangan berhenti menulis ya. lelah boleh, letih wajar, istirahat sejenak silahkan. tapi berhenti, JANGAN!! Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak