Mengenal 4 Jenis Hormon Kebahagiaan

 

mengenal 4 jenis hormon kebahagiaan dan cara merangsangnya

Halo sobat, kappabels.com kembali menyapa kalian. bagaimana? apakah hari-hari kalian sejauh ini berjalan dengan kebahagiaan atau perjuangan? kami harap hari-hari dan hidup kalian semua para pembaca setia kappabels.com penuh dengan perjuangan yang membahagiakan. aamiin.

bicara mengenai kebahagiaan, apakah kalian semua tau tentang apa yang membuat terjadinya kebahagiaan tersebut? kita disini tidak bicara mengenai sumber kebahagiaan yang berupa materi maupun non materi yang kerap dikaitkan dengan kebahagiaan itu dapat terjadi. 

melainkan apa yang membuat perasaan bahagia itu tercipta. karena meskipun bahagia itu kerap terjadi dikarenakan hal-hal yang berupa materi ataupun non materi tadi, namun kenyataannya tidak semua hal yang berbentuk materi ataupun non materi dapat membuat kebahagiaan terjadi.

karena ternyata ada hormon didalam tubuh makhluk hidup yang dapat merangsang terjadinya kebahagiaan tersebut muncul. meskipun sering yang menjadi pemicunya adalah hal-hal materi namun, penyebab kebahagiaan tersebut hadir dikarenakan hormon-hormon berikut ini muncul didalam tubuh. apa sajakah jenis hormon kebahagiaan tersebut dan bagaimana cara merangsangnya. simak ulasan berikut.

4 Hormon Kebahagiaan

  1. Dopamin, hormon yang mampu membuat seseorang semangat dan sangat termotivasi dalam kegiatan bekerja, belajar dan tentunya mengejar keinginan yang di cita-citakan. 
  2. Endorfin, Hormon yang sangat berguna untuk membantu mengurangi rasa stress seseorang, seperti rasa sakit, cemas dan juga depresi. hormon satu ini juga mampu menghasilkan euforia singkat dalam diri kita.
  3. Oksitosin, Hormon kebahagiaan satu ini sangat berguna bagi kehidupan sosial seseorang. karena lewat hormon ini pula yang akan membantu kita untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain.
  4. Serotonin, bagi kalian yang sering merasa canggung, serta minder. maka hormon bahagia yang bernama serotonin ini sangat berguna. karena dia akan mampu membuat kalian merasa penting, mampu, puas dan juga berharga. hormon ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Cara Merangsang Hormon Kebahagiaan

4 cara merangsang hormon bahagia


  1. Dopamin, dapat dirangsang atau ditingkatkan dengan cara tidur atau istirahat yang cukup. selain itu, olahraga yang rutin serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak L-Tyrosin seperti ayam, susu dan keju juga sangat membantu untuk meningkatkan kehadiran hormon satu ini dalam tubuh.
  2. Endorfin, Cara merangsang kehadiran hormon satu ini antara lain adalah memakan makanan pedas. jika kamu tidak suka dengan makanan pedas, maka dapat mengganti nya dengan dark chocolate yang tentu saja rasanya manis. selain itu, menonton drama yang menghadirkan banyak tawa dan tangis juga sangat membantu peningkatan hormon ini dalam tubuh.
  3. Oksitosin, bagi kalian yang introvert maka cara meningkatkan hormon ini dapat dilakukan dengan mendengar musik dan berinteraksi di media sosial. jika rasa kepercayaan diri perlahan muncul maka dapat kalian tingkatkan dengan mulai bersosialisasi atau quality time dengan orang-orang terkasih. berpelukan dengan orang-orang terdekat juga dianjurkan untuk meningkatkan kualitas hormon kebahagiaan satu ini.
  4. Serotonin, kualitas kehadiran serta cara merangsang hormon satu ini sangat ditentukan dengan seberapa jauh kalian suka dengan aktifitas fisik. karena cara merangsang hormon satu ini keluar antara lain adalah olahraga, selain itu mandi dengan air dingin serta banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Triptofan seperti salmon, keju dan telur akan sangat berguna.
Demikian ulasan artikel kali ini dari kami, semoga dapat sedikit membantu kalian semua dalam mencari kebahagiaan didalam diri. have a nice day. sampai bertemu lagi di ulasan serta artikel lainnya dari kami kappabels.com, wassalam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url