Tips Agar Kegiatan Backpacker Anda Aman, Nyaman dan Minim Pengeluaran

 

tips backpacker agar aman dan nyaman

Halo sobat Traveller dimanapun kalian berada saat ini. ibarat pepatah yang berbunyi "bagaikan burung dalam sangkar" barangkali hal itu yang mampu mewakili sobat travel yang sangat ingin bepergian namun harus terkendala atau tertunda oleh satu dua hal yang diluar kendali, khususnya masalah dana traveling yang kita semua tau tidak kecil.

namun jangan khawatir sobat, karena ada satu cara untuk mengatasi masalah hasrat jalan-jalan tersebut meskipun dengan budget yang sedikit dan pas-passan. yaitu dengan cara backpacker. ya, daripada menjadi burung dalam sangkar untuk waktu yang panjang. tidak ada salahnya mencoba salah satu cara bepergian untuk jalan-jalan bebas yang satu ini.

Apa itu Backpacker?

Pengertian tentang Backpacker sendiri dapat diartikan sebagai perjalanan menuju kesuatu tempat dimana anda atau kita tidak harus membawa barang-barang yang memberatkan bahkan menyulitkan mobilitas yang dalam sebuah travelling sudah tentu akan sangat padat dan cepat.

dimana yang dalam hal ini, contoh dari barang atau benda bawaan yang merepotkan bisa berupa tas koper yang tidak jarang berukuran cukup besar apabila kita sedang bepergian kesuatu tempat. jadi dalam hal ini, dengan melakukan perjalanan atau travelling dengan metode backpacker kita cukup hanya membawa sebuah tas ransel atau gendong yang didalamnya cukup terisi pakaian dan juga perlengkapan yang penting-penting saja untuk menunjang perjalanan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Liburan ala Backpacker!

Kekurangan

  1. Lelah, hal ini sudah pasti menjadi hal pertama dari kekurangan sebuah perjalanan ala backpacker. perjalanan dengan kendaraan umum, dan bahkan terkadang hanya berjalan kaki, menginap didalam penginapan yang seadanya, tentu tidak cocok bagi anda yang menginginkan sebuah liburan yang mengidamkan sebuah susasana nyaman, berleha-leha dan dapat istirahat nyenyak disebuah penginapan mewah.
  2. Tersesat, Umumnya dari para backpacker adalah mereka yang ingin mengeksplore sendiri tempat baru yang ingin mereka kunjungi. yang sudah tentu tanpa didampingi seorang guide dan hanya bermodalkan peta atau GPS dan juga kemauan untuk berkomunikasi dengan warga atau penduduk lokal. dan tidak sedikit dari para Backpacker ini yang justru hilang tersesat sebelum menemukan lokasi tujuan dari wisatanya.
  3. Mudah Ditipu, ini adalah salah satu lagi dari kekurangan dengan menjadi seorang wisatawan backpacker. dengan tidak mengenal daerah dan juga budaya masyarakat dari sebuah tempat yang baru dikunjungi. yang apabila didalam wisata lainnya anda akan dituntun dan dibimbing oleh tour guide, maka kemungkinan anda untuk ditipu dan dimanipulasi dalam perjalanan akan sangat besar terjadi. contoh, ongkos angkutan umum, makanan, dan penginapan yang bisa saja di mark up apabila anda baru pertama kali didaerah tersebut.

Kelebihan

Meskipun memiliki kekurangan yang cukup mengerikan dan bahkan sangat membahayakan diri, namun menjadi seorang backpacker juga ada kelebihannya. berikut  kelebihan dari travelling ala backpacker.
  1. Bebas Mengeskplorasi, bagi mereka yang berjiwa petualang sudah pasti jalan-jalan atau traveller ala sultan apalagi hanya yang umum dilakukan banyak orang akan sangat membosankan bagi mereka. hal ini dapat dimaklumi, karena pada travelling umum tempat dan lokasi tujuan sudah ditentukan sejak awal oleh pihak travel dan juga guide tour. sehingga lokasi-lokasi lain yang tidak jarang lebih indah dan bagus harus terpaksa terlewati. dan inilah sisi kelebihan dari menjadi seorang backpacker, karena anda akan sangat bebas dalam meng eksplore tempat-tempat tersebut.
  2. Mudah Mengatur Waktu, anda tidak harus bangun tepat waktu dari hotel atau tempat anda menginap demi mengejar lokasi tujuan berikutnya agar rute travelling anda tetap didalam jadwal. dengan menjadi seorang backpacker, anda bebas untuk mulai berjalan ketempat tujuan dan kembali atau mencari penginapan baru sesuka hati.
  3. Memperluas Jaringan Pertemanan dan Persahabatan, Tidak jarang seorang backpacker justru telah dianggap sebagai bagian dari sebuah daerah atau lokasi oleh para penduduknya. yang artinya, apabila esok anda akan kembali ketempat tersebut maka sambutan hangat dari warganya telah siap untuk anda terima. belum lagi kemungkinan bertemu dengan backpacker lainnya yang bisa jadi juga berasal dari daerah bahkan negara lainnya. tentu akan menambah relasi hingga persahabatan bagi anda. dan hal ini yang hampir tidak bisa ditemukan dalam sebuah perjalanan wisata yang umum.
setelah mengetahui dan memahami tentang apa arti dari backpacker dan juga tau tentang kelebihan serta kekurangan dari menjadi seorang backpacker, maka sekarang saatnya anda mengetahui akan tips dan trik aman, nyaman dan tentunya minim dalam hal pengeluaran dari sebuah wisata backpacker. berikut :

9 tips aman dan nyaman dalam melakukan travelling ala backpacker.

  1. Cari Penerbangan Malam, ini bagi anda yang ingin bepergian keluar daerah ataupun luar negeri. jika anda ingin jalan-jalan ditanggal atau hari libur, maka kami sarankan untuk mencari tiket penerbangan malam hari. karena seperti yang umum kita ketahui, bahwa penerbangan malam cenderung lebih murah ketimbang jadwal lainnya. meskipun jadwalnya berada di akhir pekan atau hari libur. sehingga akan sangat menghemat anggaran anda.
  2. Cari Penginapan Di Luar atau Tidur Di Bandara, jika waktu landing masih memungkinkan untuk mendapatkan penginapan maka kami sarankan untuk segera mencari penginapan sebelum mencari makan malam. tapi jika tidak, anda cukup memastikan bahwa bandara cukup layak untuk anda dapat bermalam disana. 
  3. Fisik Kuat, Pastikan Fisik anda Kuat dan tidak dalam kondisi dibawah 100% atau baru saja penyembuhan dari sebuah penyakit.
  4. Bawa Jaket Hangat, Hal ini penting bagi kalian yang tidak terbiasa atau kurang bisa menerima udara sejuk. ingat, ini adalah backpacker, dalam perjalanan anda dapat atau bisa sempat untuk mendapat penginapan dan juga tidak. jadi apabila ada hari dimana anda harus menginap di tempat umum, maka pastikan anda siap untuk menghadapi udara dingin diluar pada malam hari.
  5. Bawa Obat-obatan, tidak harus obat-obat keras. anda cukup menyediakan obat-obatan ringan yang bisa dan biasa anda konsumsi. hal ini hanya untuk memberi backup bagi diri sendiri apabila ditengah perjalanan mengalami flu atau kelelahan ringan.
  6. Bawa Tumbler, ini penting karena anda tidak akan tau kapan dan dimana akan mendapatkan minuman dalam perjalanan. pastikan anda segera mengisi penuh apabila mendapati tempat air minum umum ataupun lokasi pembelian air minum.
  7. Pastikan ada Pulsa dan Kuota Internet yang Memadai, Anda tidak akan tau apa kejadian yang bisa didapati dalam perjalanan backpacker tersebut. hanya untuk jaga-jaga apabila ada hal mendesak dan mendadak serta agar anggota keluarga dapat menghubungi dan memastikan keberadaan serta keselamatan anda selama dalam perjalanan.
  8. Pastikan anda Mempunyai Peta Tujuan yang Jelas, hal-hal seperti apa lokasi tujuan anda, angkutan apa yang bisa digunakan menuju tempat tersebut, serta estimasi yang dibutuhkan jika anda menggunakan angkutan umum atau jalan kaki, maka semua itu anda harus tau sehingga apabila perjalanan lancar anda dapat memperkirakan apakah sesuai jadwal atau justru anda sedang tersesat.
  9. Jika anda Muslim, pastikan bahwa anda memiliki informasi dan pengetahuan akan tempat makan yang tidak mengandung pork atau lard, atau jika anda ragu jangan sungkan untuk menanyakan hal tersebut. dan pastikan anda mengkonsumsi sayuran dan buah jika memungkinkan agar pencernaan lancar dan siap untuk perjalanan selanjutnya.
Demikian sedikit ulasan dan tips backpacker dari kami kappabels.com, semoga perjalanan anda aman dan menyenangkan. dan sampai jumpa lagi pada travelling-travelling berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak