5 Cara Cegah Karat Pada Motor

 

5 Cara Cegah Karat Pada Motor

Bagi Rider, Karat di motor adalah hal yang paling tidak diinginkan. selain merusak penampilan, karat juga dapat memicu terjadinya penggantian part, maupun aksesoris motor sebelum waktunya. namun terkadang, hadirnya penyebab karat pada motor kesayangan juga tidak dapat dihindari, seperti halnya ketika tiba-tiba hujan datang saat sedang asyik berkendara. 

sehingga membutuhkan perhatian lebih dari si pemilik motor untuk dapat merawatnya dengan baik. karena meskipun beberapa part dimotor akan usang pada waktunya, tentu mencegah hal tersebut dengan menghindari hal-hal penyebab terjadinya karat akan lebih baik dilakukan. dan berikut kami berikan 5 tips bagaimana cara mencegah karat pada motor kesayangan anda. simak ulasan berikut sampai tuntas.

Rajin Bersihkan Motor

Hal pertama tentu adalah rajin-rajinlah membersihkan motor kita. karat tidak hanya terjadi saat motor kita terkena hujan. namun juga bisa disebabkan karena kita malas untuk membersihkan debu-debu yang lengket pada bagiannya saat digunakan berkendara.

anda tidak diharuskan membersihkan debu-debu pada motor setiap hari, namun sisihkan waktu minimal 3 hari sekali untuk mengelap dengan kain kering apabila motor sudah dipakai dan hanya menyisakan debu yang menempel.

Segera Cuci Bersih Motor saat Terkena Air Hujan

Air hujan seakan menjadi musuh bagi pemilik kendaraan, dan khususnya para pengguna sepeda motor. tentu bukan hal yang menyenangkan untuk menghadapi hujan ketika sedang berkendara dengan motor kesayangan kita.

terlebih lagi untuk menghindari karat yang lebih mudah menyebar saat terkena air hujan, anda diwajibkan untuk sesegera mungkin mencuci dan membersihkan motor sesaat sesudah berkendara dibawah air hujan dan melintasi jalanan becek dan genangan air hujan. 

Lap Bersih Motor Sampai Tidak Ada Air yang Tersisa

dan setelah anda mencuci bersih motor kesayangan jangan lupa untuk membersihkan atau lap sisa-sisa air bekas cucian pada motor dengan lap yang bersih dan lap sampai benar-benar kering dan tidak ada sisa air yang tertinggal pada motor.

karena, sedikit atau sekecil apapun debit air yang tersisa pada bodi maupun bagian-bagian pada sela-sela motor akan memiliki potensi besar untuk memberikan karat dikemudian hari.

Berikan Oil atau Pelumas yang Tepat untuk Body Motor

Jangan pelit untuk meng oleskan pelumas yang baik untuk body ataupun bagian-bagian pada motor yang mengandung besi. selain untuk menambah kesan glowing pada motor, pelumas ini juga berfungsi untuk mengusir air pada bagian-bagian motor. khususnya yang berpotensi besar untuk bisa berkarat.

Sediakan Mantel Motor

Entah Motor kesayangan anda sedang terparkir diluar ataupun hanya dirumah, pastikan untuk menutupinya dari kemungkinan cipratan air, terkena air hujan ataupun hanya sekedar debu dari jalanan. barangkali akan terasa sedikit merepotkan. namun, anda harus sadar bahwa saat karat sudah menjalar kebagian-bagian motor, hal itu justru jauh lebih merepotkan nantinya.

demikian saja ulasan yang dapat kami sampaikan, lebih dan kurangnya kami memohon maaf. dan berikan saran serta kritik pada kami bila perlu. dan sampai jumpa pada artikel-artikel menarik lainnya dari kami kappabels.com



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak