6 Kesalahan Dalam Memulai Usaha

6 Kesalahan Dalam Memulai Usaha


 Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. dalam membangun usaha kita harus tau bahwa akan ada kemungkinan kedepannya menghadapi hal menakutkan bernama kegagalan. kegagalan usaha biasa hadir dikarenakan beragam kesalahan dalam memulai usaha oleh kita sebagai pengusaha dalam mengelolanya. entah itu kesalahan dalam hal kelola keuangan, kesalahan manajemen ataupun kesalahan strategi marketing.

mengantisipasi kegagalan sejak dini wajib dilakukan, dan salah satu caranya adalah dengan menghindari kesalahan-kesalahan dalam memulai usaha yang kerap dilakukan oleh para pengusaha pemula yang awam dalam hal bisnis dan usaha. untuk itu kali ini kami sajikan beberapa kesalahan dalam memulai usaha yang wajib untuk anda semua hindari agar tidak mengalami kegagalan dan kerugian. simak usalan berikut sampai selesai.


Hanya Bergantung Pada Diri Sendiri 

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan oleh pengusaha awam atau pemula adalah berpikir bisa melakukan semuanya sendiri. padahal, sebanyak apapun pengalaman anda dan sehebat apapun anda dalam bekerja selama ini. tentu ada titip kelemahan dan kekurangan pada diri anda.

harus disadari, bahwa anda butuh seseorang yang ahli dalam bidangnya. jika tidak ingin memiliki seorang partner dalam usaha, setidaknya rekrut orang-orang yang punya keahlian khusus dalam bidang usaha yang akan anda geluti nantinya. dan pastikan untuk diri anda tidak melakukan kesalahan pertama ini.

Tidak melakukan Survey Pasar

Ini merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh para pengusaha pemula. hanya bermodalkan nyali untuk berani berdagang dan membuat sebuah usaha. tanpa mau tau dan tidak diawali untuk men survey kebutuhan dan kekuatan pasar dalam menerima produk usaha dari kita.

dalam sebuah usaha, tidak cukup hanya dengan menyediakan produk yang bagus atau enak serta tempat yang mendukung semua produk yang kita jajakan. kita juga harus tau soal geografi dan kebiasaan serta minat dari masyarakatnya yang merupakan target marketing dari kita. tanpa semua pengetahuan tersebut yang tentunya harus kita awali dengan sebuah survey, maka dapat dipastikan kesalahan ini akan membuat usaha kita segera tenggelam.

Tidak Ada Keunikan Produk

Tidak ada yang salah dengan meniru dan menjual produk serupa. yang salah adalah, tidak ada hal yang menjadikan produk kita terlihat dan terasa unik oleh konsumen dibanding produk pesaingnya. tanpa keunikan, konsumen akan dengan mudah mendatangi tempat lain yang menjual produk serupa dengan kita. tanpa sedikitpun merasa kehilangan jikalau kita tidak lagi menjual ataupun mem produksi produk tersebut.

barangkali sudah sangat umum dan familiar bagi kita melihat banyak outlet atau pedagang yang menjual produk serupa. tapi entah kenapa, selalu ada perbedaan angka dalam hal penjualan serta pelanggan diantaranya. dan dari situ dapat kita lihat, bahwa salah satu yang mempunyai jumlah pelanggan dan angka penjualan paling tinggi pasti mempunyai keunikan sendiri dalam produknya meskipun dalam rupa jenis yang serupa.

Keunikan usaha tidak selalu identik dengan hasil produknya, tapi juga dapat berupa keunikan dalam hal pelayanan dan juga fasilitas tempat yang disediakan. agar jualan cepat laku.


Tidak Ada Rencana Besar dalam Usaha Tersebut

Saat anda membuat sebuah usaha, apa yang menjadi tujuan utamanya? apakah cukup hanya dengan usaha berhasil dibuka, pelanggan ditemukan, dan produk terjual. lalu apa? apa setelahnya? apakah hanya sebatas itu impian dari usaha anda?

saat tujuan kecil tercapai, anda harus siap mencapai tujuan besarnya. saat target sederhananya terwujud, anda harus siap untuk loncat menuju pada target besarnya. dan semua itu harus anda persiapkan sebelum usaha tersebut anda mulai. semua plan tersebut harus sudah ada dalam pikiran anda. sehingga, langkah-langkah yang akan anda ambil, baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjangnya tidak salah dan tetap pada tujuan dan rencana besar utamanya.

Terlalu Lama Menguatkan Konsep dan Penyempurnaan Produk

Kalimat "Mulai Saja Dulu" tidak ada salahnya. selama produk tersebut pantas untuk dipasarkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh para konsumen, maka memulai lebih cepat adalah langkah bijak dari anda sebagai seorang pengusaha.

soal konsep yang masih dianggap mentah, akan matang seiring berjalannya waktu dan berkembangnya konsumen setia anda. begitupun dengan produk yang terasa masih banyak kekurangan dalam hal eksekusinya, akan sempurna seiring waktunya berjalan serta keuletan anda dalam menjalankan sebuah usaha tersebut.

Gampang Menyerah

Yang harus anda tahu dan ingat, bahwasanya tidak ada satupun pengusaha sukses didunia ini yang mempunyai sikap dan sifat mudah menyerah. sedari awal, anda harus tau bahwa membangun sebuah usaha bukanlah hal yang gampang. sehingga anda akan mempersiapkan diri, terutama mental untuk dapat lebih kuat lagi.

sehingga, ketika kesulitan dan kesulitan yang bisa saja datang bertubi-tubi hadir anda siap untuk menghadapinya. anda tidak akan lagi terkejut untuk semua hal tidak terduga tersebut. karena memang begitulah sebuah usaha. tidak ada hal mulus yang mengiringinya terlebih lagi untuk bisa menjadikannya besar, sebesar impian anda.

demikian yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. dan sampai jumpa lagi pada artikel-artikel menarik lainnya dari kami kappabels.com. salam, kaya kaya kaya


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak