Tips Menabung Dengan Baik dan Benar

 

Tips serta Cara Menabung Yang Baik dan Benar

Hampir semua orang pasti tau bahwa fungsi dan tujuan dari menabung adalah menyiapkan dana darurat ataupun persiapan untuk segala kebutuhan mendesak dan tidak terduga dimasa depan. namun, tidak semua orang tau tentang bagaimana cara menabung yang baik dan benar.

untuk itu, mari simak tips berikut ini hingga akhir. agar anda tau tentang cara bagaimana menabung yang baik dan benar.

Hitung Kebutuhan yang Akan Dibelanjakan

Ingat, hitung yang benar-benar kebutuhan. bukan menghitung apa yang anda inginkan untuk dibelanjakan. karena mengikuti keinginan tidak akan pernah ada habisnya. dan itu yang akan menjadikan kegiatan menabung anda tidak akan pernah mencapai goal nya.

namun, jika anda membelanjakan uang dengan sebelumnya mempersiapkan hal-hal apa saja yang anda butuhkan untuk kemudian dibeli, maka percayalah bahwa anda akan mendapati jumlah tabungan yang diluar target bahkan bayangan anda sendiri besarnya. karena anda harus percaya, bahwa kebutuhan hidup tidak pernah sebesar itu, dan sudah pasti jauh lebih kecil daripada keinginan yang anda punya.

Belanjakan Sisanya

Ya, kebanyakan orang akan menabung sisa dari penghasilannya setelah nyaris semuanya telah digunakan buat belanja. tidak menjadi persoalan apabila uang yang anda dapatkan habis untuk dibelanjakan kepada benda ataupu keperluan yang mendesak dan memang dibutuhkan. tapi masalahnya adalah tidak. kebanyakan dari kita membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan kebutuhan hedon yang tidak berguna.

untuk itu, perlu bagi kalian buat menabung sebanyak mungkin semua pendapatan ataupun penghasilan yang dimiliki. baru setelahnya habiskan sisanya untuk dibelanjakan. kemudian lihat setelah beberapa bulan, ada berapa banyak tabungan yang anda punya setelah menerapkan metode ini.

Jangan Belanja Apabila Kredit

Mulai saat ini, buang dan matikan semua kartu kredit yang anda punya. sadarilah, bahwa meskipun anda bebas memakai credit card kapanpun dan dimanapun. namun semua itu akan mempunyai tanggal jatuh tempo yang mana wajib untuk dibayar. belum lagi bunga yang dapat dikatakan tidak berjumlah kecil.

barangkali anda berpikir bahwa bisa men save uang ditangan dan mempersiapkan buat keperluan lain yang mendesak dan membutuhkan cash. namun, justru itulah letak kesalahan dari tata kelola keuangan tersebut.

karena dengan pola tersebut, artinya anda membiarkan gaya hidup hedon dan boros merongrong kehidupan anda. coba ubah pola tersebut dengan prinsip, bahwa jika anda harus membeli sesuatu namun dengan credit card artinya anda tidak punya uang yang cukup untuk membeli sesuatu atau barang tersebut.

dan artinya, anda tidak membutuhkan dan tidak sanggup untuk memiliki barang tersebut. karena pada kenyataannya anda tidak mempunyai dana yang cukup untuk memilikinya tanpa berhutang. dan selalu ingat, daripada mencicil dengan bunga besar untuk sesuatu yang nilainya berkurang, maka lebih baik menabung untuk sesuatu yang akan meningkat harga dan nilainya.

Pakai Prinsip 30% dan 70%

ini adalah prinsip keuangan yang kami temukan sendiri agar kondisi keuangan dan tabungan tetap berada pada ambang aman dan nyaman. dalam prinsip ini, anda hanya dibenarkan membeli sebuah barang konsumtif secara cash dengan harga yang tidak melebihi 30% dari sisa tabungan yang dimiliki. dan hanya diperbolehkan membeli barang konsumtif secara kredit dengan total cicilan yang tidak melebihi 70% dari sisa tabungan yang dipunya. 

contoh : anda ingin membeli sebuah barang secara cash dengan harga Rp.30.000 artinya setelah selesai membeli barang tersebut anda harus pastikan bahwa anda memiliki minimal Rp.100.000 didalam tabungan anda.

begitupun saat ingin membeli sebuah barang dengan cara cicilan, baik itu dengan kartu kredit ataupun lembaga pinjaman atau leasing lainnya. apabila sebuah barang yang anda ingin beli seharga Rp. 50.000 namun karena dibayar dengan cara cicil, maka hingga habis masa cicilan tersebut total nilainya menjadi sebesar Rp.70.000. maka pastikan juga, bahwa total tabungan anda sebelum melakukan cicilan ada sebesar minimal Rp.100.000.

Disiplin

Semua hal dan teori diatas tidak akan ada arti apabila tidak ada kedisiplinan dalam diri anda untuk melakukannya. menabung sangat mudah untuk diucapkan, namun sangat berat untuk dilakukan. dan lebih sulit hingga mustahil lagi dicapai goalnya apabila tidak diiringi dengan tingkat disiplin yang tinggi dari diri kita pribadi.

demikian tips menabung yang bisa kami bagikan bagi para pembaca setia kappabels.com. semoga menambah pengetahuan dan informasi anda dan menguatkan niat menabung kalian semua demi masa depan. sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya dari kami.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak