4 Cara Belajar Malam yang Sehat dan Efektif

4 Cara Belajar Malam dengan Sehat dan Efektif



Waktu belajar mana yang lebih efektif antara siang dan malam masih menjadi Perdebatan sampai saat ini. ada yang mengatakan bahwa waktu siang merupakan waktu yang paling sehat untuk seorang siswa atau pelajar untuk kembali mengulang pelajarannya di sekolah.

namun, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa waktu belajar malam memberikan efektifitas lebih besar bagi seorang siswa setelah siang harinya dihabiskan untuk belajar di sekolah. hal ini juga tidak salah, karena sepertiga waktu di siang hari pada umumnya telah dihabiskan untuk waktu belajar di kelas.

meski begitu, bagi siswa atapun pelajar yang ingin mengulang pelajarannya kembali diwaktu malam, ada bebeberapa tips atau cara belajar malam yang bisa dilakukan dengan lebih sehat dan efektif bagi kebutuhan seorang siswa atau pelajar. simak ulasannya berikut.

1. Lebih Banyak Membaca

Dibandingkan dengan melakukan tes, waktu belajar malam akan terasa lebih efektif dilakukan untuk kamu habiskan membaca buku pelajaran lebih banyak. oleh sebab itu, artinya untuk mengerjakan tugas dari sekolah maka lebih baik untuk dilakukan disiang hari selepas jam sekolah.

sedangkan untuk malam hari, kamu hanya harus fokus untuk mengulang-ulang atau memahami materi pelajaran lebih jauh. yang dalam hal ini, kamu diharuskan untuk membaca lebih banyak buku pelajaran dari sekolah.

2. Maksimalkan Waktu

Ada waktu dimalam hari yang apabila kamu gunakan untuk belajar akan membuat kegiatan tersebut menjadi efektif dan juga menjaga kesehatan kamu. yaitu, lakukan waktu belajar di 2 jam sebelum waktu tidur malam kamu. 

apabila waktu tidur atau istirahat malam kamu ada di pukul 21.00 maka lakukan waktu belajar mulai dari pukul 19.00 sampai dengan 21.00. selain tetap menjaga kesehatan kamu sebagai seorang pelajar. belajar sebelum tidur juga berguna untuk meningkatkan ingatan kamu ketika bangun tidur nanti.

3. Gunakan Teknik 20 - 10

Teknik belajar ini juga dikenal dengan nama teknik pomodoro. diperkenalkan pada tahun 1980 oleh seorang Italia. teknik ini menggunakan waktu untuk belajar selama 20-25 Menit. sedangkan 5-10 menit dipakai untuk istirahat. diyakini, teknik belajar ini sangat efektif untuk menekan kebosanan kamu terhadap kegiatan belajar.

4. Matikan Smartphone

Pastikan untuk menyelesaikan segala urusan kamu dengan Smartphone dan juga Social Media sebelum mulai untuk belajar dan tidur malam setelahnya. dengan begitu, dua jam sebelum tidur kamu cuma akan fokus dengan kegiatan belajar dan setelahnya kamu juga akan langsung istirahat malam tanpa harus kembali memakai atau menggunakan smartphone.

Demikian saja ulasan Tips yang dapat dan bisa kami bagikan. semoga dapat membantu kamu semua dalam kegiatan belajar nantinya. sampai jumpa lagi pada lain kesempatan dan juga artikel menarik dari kami kappabels.com.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak