Perbedaan LCL dan FCL

 

beda LCL dengan FCL

Dalam Dunia Bisnis, dimana apabila kebanyakan Industrinya ada hal yang berkenaan atau berkaitan dengan Ekspor dan Impor sudah pasti ada tenaga didalamnya yang membuat produk industri tersebut berpindah dari satu  tempat ke tempat lainnya atau dari satu negara ke negara lainnya. baik itu tenaga Manusia maupun Tenaga Mesin yang dipakai.

Bicara soal Tenaga Mesin Dalam hal ini, tenaga mesin yang dipakai diartikan sebagai alat transportasi pengiriman Barang Produk yaitu pada umumnya adalah menggunakan Transportasi Laut dengan Memakai Kapal Kargo dengan cara dimasukkan kedalam Box Kontainer.

Didalam Proses Pengiriman Menggunakan Box Kontainer melalui Jalur Laut tersebut, dikenal ada dua istilah yaitu LCL dan FCL. bagi kamu yang masih awam dengan istilah LCL dan FCL ini sedikit kami berikan penjelasan atas keduanya adalah: Jenis Pengapalan atau Tipe Pengiriman Barang melalui Jalur Laut Menggunakan Kapal Kargo yang biasa dipakai dalam perdagangan Internasional.

Namun, Terkait Dengan LCL dan FCL itu sendiri. dimana LCL adalah singkatan dari Less Container Load atau Muatan Kontainer yang Lebih sedikit. sedangkan FCL adalah Singkatan dari Full Container Load atau Kontainer muatan Penuh yang merupakan kebalikan dari LCL. tentu ada perbedaan dari LCL dan FCL tersebut. berikut penjelasannya:


Apa Itu LCL?

Seperti yang sudah sedikit kami singgung sebelumnya diatas, bahwa LCL adalah singkatan dari Less Container Load yang berarti muatan didalam kontainer lebih sedikit. dalam hal ini, artinya pemilik barang bersedia barang miliknya digabung dengan barang milik orang lain didalam satu box kontainer baik itu kontainer ukuran 20 ataupun 40 feet.

Apa Itu FCL?

FCL atau Full Container Load (Muatan Kontainer Penuh) adalah kebalikan dari istilah LCL. dimana dalam satu box kontainer mau itu ukuran 20 atau 40 feet hanya berisi barang dari satu pemilik saja. yang artinya, pemilik barang harus memastikan bahwa barang yang dia punya tidak kurang untuk memenuhi isi dari Volume Kontainer tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan LCL

Kekurangan LCL

  • Biaya Clearance atau Surat Ijin Berlayar yang tinggi
  • Proses Handling atau Penanganan yang berlapis, hal ini bisa dimengerti karena tidak hanya ada barang dari satu orang konsumen yang berada pada satu Box kontainer.
  • Waktu Clearance atau Penerbitan Surat Ijin Berlayar yang sedikit lebih lama
  • Dikarenakan tidak hanya terdapat barang dari satu konsumen, maka keamanan dan juga kondisi barang muatan menjadi kurang terjamin.

Kelebihan LCL

  • Biaya Pengapalan yang Murah dan Terjangkau. hal ini karena kita tidak diharuskan untuk menyewa satu buah Box Kontainer seorang diri. dan biasanya ongkos dihitung dengan Model per R/T (Revenue Ton Mile).
  • Jenis Pengangkutan Laut menggunakan Metode LCL sangat cocok untuk para pebisnis yang mempunyai Muatan Kargo tidak terlalu banyak / sedikit.

Kelebihan dan Kekurangan FCL

Kekurangan FCL

  • Biaya Sewa Box Kontainer yang Mahal, hal ini karena seluruh biaya penyewaan dibebankan kepada satu orang tidak patungan.
  • Tidak cocok untuk jumlah barang atau muatan yang hanya sedikit / tidak banyak. karena akan rugi dalam hal ongkos.

Kelebihan FCL

  • Handling atau Penanganan Kargo dan muatan yang singkat. karena hanya berasal dari satu orang atau kostumer.
  • Keamanan dan Kondisi barang yang jauh lebih terjamin, dikarenakan barang didalam kontainer hanya milik satu orang.
  • Proses perijinan berlayar atau Clearance lebih cepat.
  • Biaya Shipping atau pengiriman yang apabila ditotal keseluruhannya akan jauh lebih hemat.
  • Menghemat Waktu dan Biaya




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak