8 Cara Mendidik Anak Perempuan dalam Islam

 

cara mendidikan anak perempuan

Anak adalah Titipan paling Indah dari Allah SWT. Oleh karenanya, sebagai Orang Tua maupun Calon Orang Tua kita diwajibkan untuk memberi dan mengajarkan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak maupun calon anak-anak kita nantinya.

Dan yang perlu kita ingat dan ketahui bersama tentu adalah, soal bagaimana cara mendidik anak sesuai gender atau jenis kelaminnya. karena sudah semestinya juga kita paham, bahwa mendidik anak laki-laki tidaklah sama dengan bagaimana cara mendidik seorang anak perempuan.

dan khusus untuk anak perempuan sendiri, ada cara yang sedikit jauh berbeda dan harus lebih kita perhatikan ketimbang pada cara mendidik anak laki-laki. karena bukan tanpa sebab, karena menurut hadist shahih mengatakan bahwa seorang anak perempuan kelak akan menjadi penolong bagi orang tuanya.

Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu berbuat baik kepada mereka, maka kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka bagi kedua orangtuanya.

 selain hal tersebut, yang perlu kita ingat adalah. bahwa dari seorang perempuan lah kelak akan lahir anak-anak sholeh dan soleha serta berbakti selanjutnya. dan para calon putra putri kita mendapatkan pendidikan pertamanya dari rahim ibu mereka.

oleh sebab itu, kita sebagai orang tua yang mempunyai anak perempuan wajib tau dan paham tentang bagaimana cara mendidik anak perempuan dengan baik. dalam islam kita diberikan contoh terbaik dari rasullulah tentang bagaimana cara mendidik anak perempuan dalam islam.


1. Mengajarkan Ilmu Tauhid

Tauhid adalah Pondasi utama dalam ajaran islam, konsep ketuhanan yang mengajarkan tentang Tuhannya. para anak perempuan kita harus tau, bahwa Tidak ada Tuhan Selain Allah Subhannawata'ala dalam diri dan kehidupannya sampai dia wafat kelak.

Ajarkan Kalimat Tauhid: La Illaha Illallah Muhammad Darrasullullah (Tiada Tuhan Selain Allah, dan Muhammad adalah Utusan Allah).

Ajarkan kalimat tauhid diatas sejak dini, sejak anak perempuan kita mulai bisa bicara dan menghafal. bahkan ketika kelak mampu untuk membaca, selalu ingatkan tentang kalimat tersebut pada putri tercinta kita.

2. Ajarkan Do'a-Do'a Harian

Banyak doa-doa sederhana yang bisa kita ajarkan kepada putri tersayang dirumah. mulai dari doa ibu bapak, doa makan, doa tidur, bangun tidur, doa selesai makan dan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi.

Doa lainnya yang bisa kita ajarkan dan dapat dipakai di keseharian putri kita juga dapat berupa doa ketika akan belajar dan doa untuk menunaikan kewajiban solatnya.

3. Ajarkan Kewajibannya Sebagai Seorang Muslimah

Hal berikutnya yang bisa kita ajarkan kepada anak perempuan adalah soal kewajiban-kewajiban yang harus dia ketahui dan kerjakan. kewajiban utama seperti Sholat dan Puasa Ramadhan harus kita kenal dan ajarkan sejak putri kita kecil.

selain itu, kewajiban lainnya diluar Kepentingan Agama juga wajib untuk kita kenalkan kepada anak perempuan. kewajibannya dalam belajar, membantu pekerjaan dirumah dan lain sebagainya.

4. Ajarkan Akhlak Mulia dan Sopan Santun terhadap Orang Tua.

Anak Perempuan sangat dituntut untuk memiliki Akhlak yang bagus serta sikap Sopan Santun yang baik terhadap orang lain.

Sebagai orang tua kita harus mengajarkan akhlak yang baik dan sikap sopan santun sejak putri kita kecil. karena akhlak dan ke sopan santunan akan jauh lebih sulit untuk diajarkan dan dituntut kepada seseorang ketika ia beranjak remaja.

5. Ajarkan mengenai Fiqih Wanita

Hal hal berkaitan fiqih akan sangat dibutuhkan seorang anak perempuan ketika dirinya beranjak baligh. ajarkan bagaimana mereka anak perempuan harus berpakaian yang tertutup dan menutup aurat sampai hal tentang haid yang sudah menjadi kodrat baginya untuk didapatkan kelak.

6. Ajarkan Keterampilan Rumah Tangga

sempat kami singgung di point ketiga, ajarkan semua keterampilan yang wajib dan harus dia miliki sebagai seorang wanita yang kelak akan berumah tangga. ajarkan putri kita keterampilan memasak, mencuci, menyapu, mengepel, menyetrika dan semua hal yang harus bisa dilakukan oleh seorang wanita ketika remaja dan dewasa nantinya.

7. Ajarkan Putri kita tentang Menjadi Seorang Istri

Bagaimana kita lihat banyaknya pertengkaran dan keributan dirumah tangga, selain kesalahan dari pihak suami juga tidak sedikit yang berasal dari pihak seorang istri. untuk hal tersebut, dan meminimalisir terjadinya hal-hal buruk dalam sebuah rumah tangga penting untuk kita ajarkan kepada para putri kita tentang bagaimana menjadi seorang istri nantinya.

ajarkan tentang semua kewajibannya menjadi seorang istri nantinya. tapi juga perlu kita ingat, jangan hanya ajarkan kewajibannya, tapi juga ajarkan tentang hak-hak yang harus dia dapatkan sebagai seorang istri nantinya. karena jangan sampai anak perempuan kita cuma tau kewajibannya tapi justru tidak mengerti mengenai hak-hak yang harus dia dapatkan sebagai seorang istri.

8. Mengajarkan anak Perempuan menjadi Seorang Ibu

Selain mengajarkan anak perempuan kita mengenal hak dan kewajibannya menjadi seorang istri. hal terakhir yang perlu kita ajarkan tentang cara mendidik anak perempuan dalam islam adalah tentang kewajibannya untuk belajar menjadi seorang ibu nanti.

karena bukanlah sebuah hal yang mudah untuk menjadi seorang ibu, untuk itu mengenai bagaimana menjadi seorang ibu haruslah kita ajarkan kepada anak perempuan kita agar mereka tau bagaimana semestinya menjadi seorang ibu nantinya. demikian 8 cara mendidik anak perempuan dalam islam. semoga bermanfaat.


 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak