6 HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI USAHA ATAU BISNIS

 

hal penting dalam membangun sebuah bisnis

Membangun dan Memulai sebuah usaha atau bisnis sudah sepatutnya membutuhkan beragam dan banyak hal utama yang harus di persiapkan dengan matang dan diperhatikan dengan baik sebelum benar-benar akan dimulai. 

mendirikan sebuah bisnis apalagi memimpikan agar bisnis tersebut dapat menjadi besar sewaktu saat tidaklah cukup hanya dengan bermodalkan kemauan dan juga usaha tanpa di barengin dengan beberapa trik yang dapat menjadikan sebuah bisnis itu berkembang untuk berikutnya menjadi besar dikemudian hari.

namun itu semua ada dibalik sebuah harapan berkembang dan besarnya sebuah bisnis yang telah dimulai. dan jika anda baru akan memulai sebuah bisnis baru, ada beberapa hal utama yang perlu dan sebaiknya diperhatikan sebelum anda dapat membangun sebuah bisnis.

Modal

Bukan tentang hanya modal dasar atau awal untuk membuat dan membangun bisnis tersebut, tapi juga mengenai dari mana sumber modal tersebut berasal. apakah itu murni dari modal pribadi 100%, patungan, atau bahkan pinjaman.

dari ketiga hal terkait modal tersebut anda pasti mengerti bahwa modal bisnis dapat dihasilkan dari banyak sumber berbeda, tapi yang perlu untuk anda mengerti adalah bahwa masing-masingnya harus anda pahami akan resiko dan juga cara penggunaannya. 

  • pertama, bisnis dengan modal pribadi. anda harus paham dengan cara memanajemennya. apakah dana pribadi anda hanya akan dipakai untuk start awal bisnis, atau terus untuk keberlangsungan operasionalnya sampai mendapat profit nantinya. jika hanya untuk start diawal, bagaimana operasionalnya sehari-hari, dan jika modal pribadi tersebut terus digunakan sebagai pendukung operasional apakah keuangan anda cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai bisnis anda mendapatkan profit nantinya.
  • kedua, bisnis dengan hasil patungan. dengan modal ini, artinya anda harus melakukan pembagian keuntungan juga kerugian yang sewaktu-waktu bisa saja menjadi resiko yang dialamin bersama. apakah rekan patungan anda paham akan bagi hasil dari setiap kerugian yang tidak hanya soal keuntungan. bagaimana cara manajemen bisnis yang akan kalian lakukan nantinya, apakah ikut bersama didalam bisnis atau mungkin hanya menyerahkan kepada orang lain atau mungkin hanya salah satu yang terjun didalamnya, sementara yang lain hanya menerima hasil profit dengan perjanjian tertentu diawal tentunya.
  • ketiga, bisnis dengan modal pinjaman. dalam dunia bisnis, ini merupakan modal dengan tingkat resiko tertinggi. meskipun banyak dari para pe bisnis yang meng klaim bahwa dengan modal ini justru dapat menghasilkan profit besar dalam waktu yang lebih singkat dikarenakan usaha yang lebih sungguh-sungguh untuk menutupi cicilan hutang tiap bulannya. tapi tentunya, dari klaim beberapa pe bisnis tersebut, ada lebih banyak pe bisnis yang justru jauh lebih pusing dan mendapati kerugian dengan memulai sebuah bisnis ber modalkan hasil dari pinjaman yang tentunya mempunyai tingkat bunga yang besar pula.

SDM / Pekerja

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan sebelum membangun bisnis adalah mengenai pekerja seperti apa atau tipikal bagaimana yang akan anda pekerjakan dan diterima dalam bisnis yang nantinya anda bangun.

bukan perkara mudah apalagi gampang untuk mendapatkan pekerja dengan kualitas terbaik untuk sebuah bisnis yang baru akan dimulai. catatan yang perlu anda ingat, adalah banyak orang yang mau bekerja, banyak orang yang bisa bekerja, tapi belum tentu dari semua yang melamar ada orang yang tepat untuk satu buah pekerjaan.

untuk itu, menyaring dengan sebaik mungkin, pengetahuan dan mengerti latar belakang dari calon pekerja yang melamar adalah hal yang penting dan harus anda miliki agar dapat meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa ditimbulkan dari para pekerja atau SDM yang anda miliki nantinya.

Wawasan Soal Bisnis Yang Dibangun

Ini merupakan hal penting berikutnya yang harus anda pikirkan dan perhatikan. hal yang paling utama dari sebelum anda membangun sebuah usaha adalah, soal seberapa jauh pengetahuan atau wawasan anda terhadap bisnis yang akan dibangun tersebut.

dari mana sumber pengetahuan yang anda miliki soal mengenai usaha tersebut? apakah dari artikel atau video di internet, buku, atau mungkin dari pengalaman orang lain? semua itu penting untuk anda miliki, namun..., perlu juga untuk anda saring soal hal yang dianggap penting dan vital atau hanya sekedar pelengkap saja dari bisnis atau usaha tersebut.

karena jangan sampai, pengertian anda terkait hal yang penting dan pendukung didalam bisnis justru tertukar. dimana yang penting dan vital anda anggap sekedar pelengkap, dan yang semestinya menjadi pelengkap justru menjadi hal pokok bagi anda.

Mental Anda

hal berikutnya yang wajib anda perhatikan sebelum membangun bisnis adalah soal mental. terdengar klise bahkan klasik barangkali dijaman sekarang masih mengingatkan soal mental dalam berbisnis. anda mungkin menyangkal dan mengabaikan hal ini dengan menganggap diri anda pasti mempunyai mental baja karena sudah berani membangun bisnis pribadi.

tapi tahukah anda, ada 98% pengusaha atau pebisnis baik tua ataupun muda yang menyerah dan gulung tikar di awal membangun sebuah bisnis baru dikarenakan tidak kuat mental dan tekanan dalam berbisnis beserta segala persaingan didalamnya.

keyakinan dan rasa percaya diri yang anda miliki diawal sesaat memutuskan membangun bisnis harus terus anda miliki sampai kapanpun. jangan biarkan pelanggan yang sepi, saingan yang semakin banyak serta kompetitif justru melemahkan tekad anda dan menjadikan mental anda ciut dikemudian hari.

justru, hal-hal tersebut mestinya menjadikan diri anda untuk termotivasi agar kreatif dalam inovasi dibidang bisnis yang anda jalani. namun, itu semua sekali lagi kami ingatkan hanya dapat dilakukan oleh pe bisnis dengan mental baja, bukan mental yang mental-mental.

Kekuatan Fisik

Jika mental diatas berkaitan dengan kondisi jiwa, maka hal berikut yang harus anda perhatikan sebelum membangun bisnis adalah kekuatan dan ketahanan fisik yang ada pada diri pribadi anda.

mental yang kuat, tanpa diiringi dengan fisik yang sama kuatnya hanya akan mampu menghasilkan 50% atau setengah dari upaya yang telah dikeluarkan, begitupun sebaliknya. membangun usaha bukan hanya soal memikirkan strategi bisnisnya saja.

strategi marketing, promosi dan distribusinya tentu akan menguras banyak tenaga pada diri anda. tidak hanya pada pikiran, tapi pastinya tenaga fisik anda harus selalu terjaga dalam kondisi prima 100% setiap waktu dan setiap saat.

Pahami, Akui dan Terima Kekurangan Diri

Terakhir, hal yang sederhana namun sulit untuk dilakukan adalah mengakui kekurangan yang ada pada diri kita. sebagai seorang pebisnis anda harus memiliki dan mampu mengungkapkan dengan sendirinya segala bentuk kekurangan ini.

jika anda merasa kurang dalam hal fisik, maka cari pekerja atau SDM dengan Kemampuan fisik yang prima. begitupun jika anda tidak memiliki mental yang cukup kuat dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat dan kompetitif, sebaiknya miliki rekan untuk bisa bersama meng operasionalkan bisnis tersebut.

begitupun dengan kekurangan diri anda terkait wawasan juga dana dan modal yang dimiliki sebelum mendirikan bisnis. jangan sungkan untuk mencari dan menanyakan kepada mereka yang lebih berpengalaman soal bisnis jika kelemahan anda berkaitan dengan wawasan yang kurang.

dan jika kelemahan anda terkait dana dan modal, maka membicarakan hal tersebut dengan pihak ataupun orang-orang yang dirasa memiliki kekuatan lebih terkait hal tersebut bukanlah sebuah aib yang harus anda simpan sendiri.

selama anda pahami resiko dan memiliki keyakinan atas potensi yang bisa dihasilkan dari bisnis tersebut. maka semua hal terkait kekurangan pada diri anda terhadap bisnis pasti akan bisa teratasi jika menemukan atau bertemu dengan orang dan pihak yang tepat.

demikian sedikit ulasan dalam artikel terkait bisnis yang kami miliki ini, lebih dan kurang kami mohon maaf dan semoga dapat membantu bagi anda yang membutuhkan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url