Pengaruh Lemahnya Kurs Rupiah terhadap Dollar untuk Pelaku Bisnis dan Usaha

 

pengaruh kurs rupiah kepada dollar bagi pelaku bisnis

Nilai Tukar Rupiah yang mengalami penurunan atau pelemahan terhadap Dollar pada perdagangan kurs dalam satu minggu terakhir rasanya akan memiliki dampak atau pengaruh yang cukup akan terasa oleh para pelaku usaha dan bisnis ditanah Air dalam waktu dekat.

Memang bukan pertama kali pelemahan rupiah terhadap dollar terjadi, pun begitu penurunan nilai mata uang kali ini juga terjadi terhadap seluruh mata uang di negara pada seluruh kawasan asia. 

tapi sebenarnya jika ditelisik lebih dalam dan jauh dan coba ditanyakan, apa sih pengaruh langsung terhadap menguatnya kurs dollar dan lemahnya nilai Rupiah pada dunia bisnis dan usaha tanah air? berikut jawabannya :

INFLASI

Dampak dari Inflasi yang secara langsung dapat dirasakan oleh para pelaku usaha dan bisnis termasuk para pekerja didalamnya yang tidak lain dan bukan kita sebagai masyarakat adalah kesenjangan pendapatan. 

kesenjangan pendapatan akan mempengaruhi secara langsung kesejahteraan masyarakat. yang mana, pada satu titik pendapatan satu pihak akan meningkat tajam, sementara pihak lainnya akan menukik tajam.

secara langsung dampak yang ditimbulkan atas inflasi terhadap para pelaku bisnis dan usaha adalah dengan sulitnya para pemilik modal tersebut dalam menentukan investasi yang akan dibuat dan dilakukan dalam waktu dekat.

yang artinya, tidak akan ada lapangan kerja yang cukup untuk dapat dan bisa menampung semua orang. dan berarti, tingkat PHK akan meningkat, Tingkat Pengangguran akan Bertambah. sedangkan Lowongan Pekerjaan semakin berkurang dan sulit untuk didapatkan.

hal ini berkaitan dengan dampak dari inflasi, dimana pengaruh dari inflasi terhadap perusahaan adalah membawa perubahan terhadap output dan kesempatan kerja. serta mempengaruhi jumlah produksi dari perusahaan tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url