Apa Itu Nasi? Berikut Penjelasan Lengkap Tentang Nasi

 

penjelasan lengkap tentang nasi

Mendengar kata nasi bagi hampir seluruh orang di indonesia sudah pasti tau apa itu nasi?. sebagai salah satu komoditi utama di negara ini, sudah pasti nasi merupakan sumber pangan utama bagi masyarakatnya.

tapi bicara mengenai nasi. sudah benar tahukah, kalian, saya dan kita semua yang membaca artikel ini tentang sebenarnya apakah nasi itu?

Nasi, dalam pengertian oleh masyarakat indonesia adalah makanan pokok utama yang awalnya adalah sesuatu bernama beras.

beras, sebelum jauh menjadi sesuatu bernama nasi memiliki sebutan sebagai gabah. dan gabah, memiliki nama atau sebetunan jauh sebelumnya adalah padi.

jadi, kesimpulan tentang pertanyaan Apa itu Nasi? adalah bahan makanan pokok utama manusia khususnya Indonesia, yang berasal dari tanaman padi untuk kemudian diolah menjadi sesuatu bernama Nasi.

Bagi Masyarakat Indonesia, Umumnya mengetahui bentuk awal dari nasi berupa beras yang berukuran Kecil dan berwarna Merah.

Namun, seiring berjalannya waktu dan kecanggihan serta campur tangan manusia yang melakukan persilangan antara satu bibit padi dengan Padi lainnya, akhirnya muncullah varian yang memiliki ukuran lebih besar dan memiliki Tekstur rasa yang lebih enak.

Tidak hanya mengenai Ukuran dan Rasa, Padi yang setelahnya diolah dan berubah nama menjadi Beras juga memiliki varian warna tidak hanya Putih, tetapi Juga Merah.

Dan mengenai Manfaat serta khasiatnya ketika dikonsumsi, dikatakan bahwa Varian Beras atau Nasi Merah memiliki kandungan Zat Gizi yang jauh lebih baik ketimbang Varian yang Berwarna Putih.

Hal itu dikarenakan, Kandungan Karbohidrat didalam Beras atau Nasi Merah jauh lebih banyak namun memiliki Nilai Glukosa atau Gula yang Jauh Lebih Rendah.

Artinya apa? artinya adalah, dengan mengkonsumsi Beras atau Nasi Merah maka anda akan mendapatkan manfaat rasa kenyang yang lebih lama dan manfaat kesehatan yang jauh lebih baik.

dalam artian lain, jika anda mengkonsumsi dalam jumlah sama antara Nasi Merah dengan Nasi Putih. maka anda akan memiliki rasa kenyang yang bertahan jauh lebih lama dengan mengkonsumsi Nasi Merah.

Pun Begitu, jika mengkonsumsi nasi merah dengan Ukuran Jumlahnya setengah dari Nasi Putih. maka manfaat kenyangnya yang akan didapat adalah sama. dan satu yang paling penting, manfaat kesehatan bagi tubuh jauh lebih baik.

Dan Kembali pada Apa itu Nasi?. sebagai bahan baku makanan pokok utama, maka sudah pasti sama dengan sagu, gandum dan makanan pokok utama lainnya.

Sebelum bisa untuk dikonsumsi atau dimakan, ada pengolahan yang harus dilakukan sebelumnya agar bisa dimakan.

Seperti padi yang setelah dipanen harus harus dilakukan Proses Perontokan dan Pengeringan sehingga menjadi Gabah.

Lalu Gabah yang telah rontok dari batang padi dan mengering dilakukan proses polish ataupun giling pada sebuah alat khusus yang diperuntukkan bagi biji padi. barulah kemudian hadir biji beras.

tidak sampai disitu, biji beras yang telah bersih pun harus dilakukan proses selanjutnya yaitu pencucian dengan bersih dan benar untuk kemudian bisa dimasak.

Lalu, dalam hal pemasakan pun tidak bisa asal asalan atau sembarangan. ukuran atau takaran air yang digunakan pun tidak boleh salah agar mendapatkan hasil nasi yang dalam istilahnya adalah Pulen.

karena jika terlalu banyak maka biji beras yang dimasak akan menjadi bubur, pun dengan hal jika air yang dimasukkan teramat sedikit. maka biji beras tidak akan masak sempurna alias mentah.

dan seperti yang kita ketahui setelahnya, hasil dari terlalu banyak ataupun terlalu sedikit air yang dimasukkan dalam proses memasak akan mengakibatkan hasil yang tidak sesuai harapan.

Menjadi Bubur, barangkali masih bisa untuk dikonsumsi bila keaadaan terpaksa. namun, bila berakhir mentah? maka sudah pasti akan menjadi sia sia dan harus dibuang.

Varian Nasi atau Beras di Indonesia sangat banyak, dan sangking banyaknya sebutan nya pun bermacam macam dari setiap daerah yang ada. dan ini akan saya bahas pada artikel tentang jenis dan varian beras ataupun Nasi selanjutnya.

meskipun menjadi Primadona dikarenakan bahan pokok utama bagi masyarakat indonesia, namun sudah tidak sedikit lagi jumlah masyarakat yang kini tidak lagi mengkonsumsi nasi.

banyak hal dikarenakan sudah pasti yang paling utama adalah masalah kesehatan. seperti yang saya sebutkan sebelumnya diatas bahwa nilai Glukosa atau Gula didalam Nasi khususnya varian Putih tinggi.

Bahkan sangat tinggi sampai sampai tidak dianjurkan dikonsumsi bagi mereka yang memiliki potensi besar atau riwayat penyakit diabetes.

itu sebabnya, seperti yang juga saya sebutkan sebelumnya. jika banyak orang yang takut namun tidak juga mampu meninggalkan Nasi sebagai Bahan makanan utamanya beralih Kepada Varian Beras atau Nasi Merah.

Karena satu alasan yang valid dan diakui bersama juga, bahwa kandungan gula atau glukosa pada varian tersebut jauh lebih rendah sehingga masih aman dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang lebih banyak ketimbang varian beras atau Nasi Putih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url