3 Cara Memastikan Lowongan Kerja Asli atau Tidak

 

cara melihat sebuah lowongan kerja palsu atau asli

Lowongan Kerja tiap harinya selalu ada bertebaran. entah itu di media massa, Internet, Broadcast, ataupun Berbagai situs penyedia lowongan kerja. tapi, perlu yang anda waspadai adalah, tidak semua lowongan kerja yang tersedia merupakan lowongan asli. karena beberapa diantaranya adalah palsu dan parahnya penipuan.

lalu, bagaimana cara mengecek ataupun memastikan sebuah lowongan kerja itu asli atau palsu? disini kami tidak memastikan bahwa cara yang berikan adalah cara yang valid 100%, melainkan hanya berupa gambaran bagi kalian para pencari kerja agar dapat waspada dan berhati-hati dengan beberapa pencari atau pembuka lowongan kerja dengan kriteria-kriteria berikut, diantaranya adalah :

Periksa Emai, Isi Surat atau Pesannya

Hal yang satu ini biasa untuk ditemui seketika saat kita selesai meng apply sebuah lamaran kerja disuatu perusahaan melalui email ataupun penyedia lowongan kerja. dan dalam kurun waktu beberapa saat kemudian, akan muncul notifikasi pesan entah itu berupa email, sms, atau via whatsapp yang menyebutkan kita lulus tahap administrasi dan masuk ketahap berikutnya.

hanya saja yang sering terjadi pada hal ini adalah, umumnya diwajibkan bagi kita mengeluarkan biaya atau ongkos untuk menuju suatu daerah atau kota menggunakan pesawat atau moda transportasi lainnya. jika anda mengalami hal ini, sebaiknya waspada dan berjaga-jaga. ada baiknya menghubungi nomor kontak yang disediakan oleh penyedia pekerjaan untuk memastikan kebenarannya.

lakukan kroscek secara pasti akan kebenaran dari sistem rekrutmen oleh perusahaan tersebut, jangan sampai anda menjadi korban penipuan oleh para oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kebutuhan orang dalam mencari pekerjaan.

Periksa Alamat Perusahaan

Jangan mudah tergiur dengan posisi atau jabatan strategis dari suatu perusahaan yang anda lamar.  anda harus pastikan jika alamat perusahaan tersebut benar dengan keberadaannya. jangan sampai terkecoh dengan perusahaan-perusahaan abal-abal yang tidak mencantumkan alamat usahanya dengan benar dan tepat. dengan embel-embel mereka agar dapat mengelabui pajak atau sistem administrasi yang telah ditetapkan oleh negara.

dan ingat untuk selalu berhati-hati dengan perusahaan jenis seperti ini. karena negara saja akan mereka akal-akali atau kelabui, apalagi anda nantinya.

Cek Gaji yang Ditawarkan

Siapa sih pencari kerja yang tidak ingin mendapatkan dan mempunya gaji atau penghasilan yang besar. semua pasti menginginkannya. tapi justru ini merupakan hal yang wajib anda waspadai dan salah satu cara untuk memastikan apakah suatu lowongan pekerjaan itu asli atau malah palsu.

Jika anda seorang Freshgraduate dan melihat tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan yang menjanjikan gaji sampai dengan puluhan juta untuk seorang freshgraduate maka anda wajib berhati-hati dan waspada dengan perusahaan tersebut.

karena nyaris tidak ada perusahaan baik didalam maupun diluar negeri yang rela dan mau mengeluarkan gaji sebesar itu bagi seorang lulusan baru yang sama sekali belum mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. semoga artikel ini dapat membantu kita semua. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url