4 Tips dan Trik Interview Kerja Supaya Berjalan Lancar dan Mudah Diterima

tips dan trik interview kerja mudah diterima


Sebelum memulai artikel ini, Kami doakan kepada semua para pembaca dan pengunjung setia website ini yang saat ini sedang dan akan menghadapi sesi interview di Perusahaan yang dilamar agar Proses Interviewnya lancar dan dapat diterima untuk bekerja dan segera meraup rejeki halal untuk hidupnya. amiin. 

tapi sebelum itu, sudah tahukan kalian semua tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum hadir kedalam sesi interview? berikut :

Belajar dan Kenali Perusahaan Tersebut

Hal ini penting banget dan akan menjadi nilai plus bagi kamu semua nantinya. karena para HRD akan kerap menanyakan hal yang sama yaitu "seberapa jauh anda mengenal perusahaan ini?". ini pertanyaan klasik tapi kerap hadir dalam sesi wawancara.

dan jika anda tidak melakukan riset untuk mengenal perusahaan yang sedang dilamar, apa yang terjadi? sudah pasti, jawaban klasik juga akan hadir dari anda seperti, "saya belum mengenal baik tentang seluk beluk perusahaan ini, tapi saya siap dan akan mempelajari lebih jauh tentang perusahaan ini".

tidak perlu tau banyak, dan ada baiknya anda mengenal dan tau beberapa hal kecil seperti struktur organisasi ataupun visi serta misi dari perusahaan tersebut. dan contoh yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menyebutkan satu, dua atau beberapa produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. kami pastikan, nilai anda akan menjadi plus dimata para HRD karena itu menunjukkan betapa antusias diri anda untuk bisa bergabung dan bekerja sama dengan mereka.

Paham Posisi yang Dilamar

Jangan sampai ketika ditanya, anda tidak tau tentang tugas pokok, dan tanggung jawab diposisi yang anda lamar. jika ini adalah merupakan posisi baru dan baru ini anda lamar yang sudah pasti tidak memiliki pengalaman apapun dibidangnya, sebaiknya pelajari detail dan riset sebanyak mungkin tentang posisi tersebut sebelum hadir untuk interview.

Sikap dan Bahasa Tubuh

Tunjukkan sikap dengan bahasa tubuh yang mencerminkan diri anda sebegitu antusiasnya untuk bisa bekerja dan mengemban tugas dari posisi yang anda lamar. jangan sampai menimbulkan kesan negatif dimata para pewawancara, seperti tidak memperhatikan ucapan mereka dengan tulus dan serius.

jangan ada ketegangan yang tampak dari diri anda meskipun sebenarnya anda sedang dalam kondisi yang sangat tegang pastinya. upayakan untuk menampilkan kepercayaan diri yang tinggi, humble dan satu yang terpenting jangan menunjukkan sikap dan bahasa tubuh seolah anda mengalami kebosanan dalam sesi tersebut. seperti menguap misalnya. jangan!

Latihan di Rumah

Latihan apa? ya latihan untuk bersikap dan memiliki gestur yang mencerminkan sifat positif tentunya. dan tidak lupa, perbanyak untuk latihan berbicara dengan kata yang sopan dan tertata dengan baik. latihan ini akan meminimalisir kegugupan yang pasti akan anda miliki nantinya.

seringkali, kegugupan akan menghancurkan sesi wawancara atau interview kerja banyak orang. karena orang yang gugup akan lebih tidak fokus dan cenderung memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan yang ditanyakan. itu sebabnya, latihan penting bagi anda sebelum memasuki sesi wawancara kerja nantinya. semoga berhasil.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url