Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

5 SKILL WAJIB BAGI PENGUSAHA, ANDA HARUS KUASAI INI JIKA INGIN SUKSES

skill pengusaha yang wajib di kuasai


Ketika pertama kali berniat untuk terjun kedalam dunia bisnis usaha dan memutuskan menjadi seorang Pengusaha. Harapan pertama yang muncul dan merupakan alasan utama mengambil keputusan tersebut tentunya adalah keinginan untuk Menjadi Pengusaha yang Sukses.

Namun, untuk menjadi seorang Pengusaha Sukses tidaklah cukup hanya dengan Motivasi Sukses belaka. apalagi hanya bermodalkan uang dan keberanian untuk memulai serta membuka sebuah bisnis usaha. diperlukan beberapa Skill tambahan untuk menuju tahap sukses selanjutnya. dan berikut saya uraikan :

BACA JUGA 7 Bisnis Cemerlang Tahun 2021

5 (lima) Skill yang wajib anda miliki jika ber keIngin-an untuk Menjadi Pengusaha yang Sukses.

1. Personal Branding

personal branding


Yang Pertama adalah Personal Branding. Kenapa ini Penting dan menjadi yang pertama saya sebutkan, alasannya cukup jelas. karena tidak lain dan bukan adalah merupakan faktor utama kenapa orang bersedia secara sukarela untuk berlangganan dan bekerja sama dengan bisnis usaha milik anda nantinya.

Dalam Dunia Bisnis, Hal mengenai Personal Branding bisa diartikan lebih kepada Kemampuan kita dalam Berusaha dan Bertekad tidak hanya mendirikan, tapi Juga Membangun dan Membesarkan Bisnis Usaha yang dimulai.

ketika anda mampu membangun Citra Diri yang Kuat didalam Bisnis Usaha yang anda Bangun. dan Mulai terkenal dengan Reputasi yang baik Sebagai apa didalam Bisnis Usaha tersebut. maka keyakinan Orang untuk Ber Investasi ataupun Berlangganan Produk dengan Anda tidak akan diragukan lagi.

Sekalipun disaat Bisnis Usaha yang anda Rintis dan Jalankan nanti tersendat atau Goyah dikarenakan kondisi Ekonomi Tertentu nantinya. Dengan Personal Branding atau Citra Diri Kuat yang anda miliki didalamnya, Orang-orang ataupun Investor tidak akan ragu untuk Menyokong dalam Bentuk dana agar Bisnis Usaha yang anda Miliki Bisa Tetap Eksis untuk Bertahan.

hal ini dikarenakan Mereka Para Orang atau Investor yang menyokong tau, paham dan kenal betul Citra Diri anda sebagai seorang Pengusaha, bahwa apa dan bagaimanapun kondisinya anda tidak akan mudah menyerah dan meninggalkan Usaha yang anda Rintis dari Mulai Nol tersebut.

2. Komunikasi Baik

good commnunication


Mampu Ber Komunikasi dengan Baik adalah salah satu dari Skill yang harus anda punya dan miliki sebagai Seorang Pengusaha jika ingin Bisnis Usaha yang anda miliki Bisa Berdiri dengan Sukses.

Komunikasi yang Baik tidak hanya sebatas dengan Lemah Lembut nan Ramah setiap Ucapan yang keluar dari Bibir dan Mulut Anda. Lebih dari Itu, Kejelasan setiap kata yang menjadi Kalimat, Juga Pemilihan Kata-kata yang Pantas untuk diucapkan juga perlu bagi anda untuk diperhatikan.

Bagaimana tertatanya kata-kata anda dalam menjelaskan rincian tiap Produk yang anda Tawarkan, sehingga bisa mudah ditangkap, dimengerti dan pahami oleh setiap pelanggan. menjadi nilai plus tersendiri agar bisa menarik minat orang membelinya.

untuk menjelaskan kepada pelanggan, tiap inchi dari kelebihan dan kekurangan Produk yang anda miliki tentunya butuh tekhnik Komunikasi yang baik. jangan sampai Para Pelanggan atau Calon Konsumen anda salah dalam menangkap Informasi yang anda sampaikan hanya karena Tekhnik Komunikasi anda yang buruk dan pemilihan kata-kata yang jelek.

3. Merekrut dan Membaca Karakter Team dengan Baik

rekrut tim baik


dalam Setiap Tulisan saya Tentang Bisnis dan Usaha, saya selalu menegaskan tentang Pentingnya Pemilihan Orang-orang yang tepat untuk dimasukkan kedalam Team Bisnis Usaha Anda.

Kenapa Harus Orang Yang Tepat bukan Orang yang Benar? bagi saya ada sekat Pemisah yang cukup tipis tapi bisa berarti Fatal didalam sebuah bisnis tentang Pengertian Orang yang Tepat dan Orang yang Benar tersebut.

Bagi saya Pribadi jika merujuk pada Dunia Bisnis, Orang yang Benar bisa jadi tidak Tepat untuk diletakkan atau direkrut kedalam Bisnis Usaha yang Saya Bangun. sebaliknya, (dan lagi-lagi bagi pandangan pribadi saya) Orang yang Tepat sudah pasti langkah yang benar dari saya jika merekrutnya.

Sedikit saran dari saya, sebaiknya pilihlah Orang-orang yang tepat untuk diajak bekerjasama dalam menjalankan dan Membesarkan Bisnis Usaha yang anda bangun.

Sebaiknya "Jangan Merekrut Orang-orang terdekat atau Keluarga untuk Bisnis Usaha Anda". alasannya kenapa disini, untuk hal tersebut akan saya urai dan jelaskan pada artikel lainnya dikemudian hari nanti.

lanjut, setelah mampu dan bisa merekrut orang-orang yang tepat tadi tugas penambahan skill anda tidak lantas berhenti sampai disini. tahap selanjutnya yang harus anda latih adalah kemampuan anda membaca dan melihat karakter dari setiap orang didalam team anda.

ini penting, karena dalam bisnis usaha pasti ada masalah internal yang akan menghampirinya, dan sudah pasti melibatkan para individu didalamnya. dan ketika saatnya itu terjadi, maka bagaimana cara pendekatan dari anda ke setiap orang yang terlibat didalamnya akan memberi pengaruh besar terhadap keberlangsungan bisnis usaha yang anda jalankan.

karena kita tau, tidak semua orang memiliki sifat dan pribadi yang sama. apalagi berasal dari latar belakang yang sama, maka bijaksanalah dalam me manage bawahan anda.

4. Pintar Mengatur Strategi

mengatur strategi


Menjadi Pengusaha yang Sukses artinya anda juga harus sukses dan pintar dalam mengatur strategi pemasaran. dan dalam mengatur strategi ini yang dibutuhkan tidak hanya kecerdasan dan kepandaian, tapi juga kemampuan untuk bersabar terhadap Proses agar menjadi Pengusaha sukses. 

hal mengenai Pentingnya Bagi Seorang Pengusaha untuk sabar dan Menghargai Proses, serta tidak melulu hanya Fokus terhadap Hasil juga akan saya bicarakan didalam artikel lainnya nanti.

Seseorang yang berjiwa Enterpreanur atau Wirausahawan, selalu berkutat kepada mereka yang memiliki jiwa untuk menaklukkan sesuatu atau selalu tertantang untuk memutar isi kepalanya memikirkan strategi untuk segala hal. terutama sebuah bisnis atau usaha.

Membuka sebuah usaha berdekatan dengan sebuah tempat saingan yang jauh lebih besar, ataupun di suatu daerah yang secara umum dan geografis mestinya tidak memungkinkan untuk menjual produk tertentu. bukanlah sebuah halangan bagi seorang Pengusaha.

Mereka akan selalu, punya ide brilian, dan strategi yang strategis untuk bagaimana caranya agar usaha yang mereka bangun bisa eksis dan berkembang. jika tidak percaya dengan kata-kata saya, lihat bagaimana merk dagang "AQUA" Melakukan bisnisnya di wilayah yang tidak membutuhkan air bersih. secara Logika, mestinya mereka memasarkan produknya ke Afrika, tapi apa yang mereka lakukan? coba pikirkan.

atau bagaimana Sebuah Toko Pakaian Kecil bisa berdiri disebelah sebuah Department Store. Bagi seorang Pengusaha bukan masalah dimana tempat dia mendirikan usaha, atau apa jenis usaha yang ia jalankan. bagi mereka, menetapkan target pasar dan mengatur strategi Pemasaran yang tepat bagi Usahanya adalah hal yang utama. ketimbang harus pusing memikirkan apakah akan ada yang datang membeli hasil dagangannya.

5. Membaca Kebutuhan dan Tren Pasar

membaca tren pasar


Membaca Kebutuhan dan Tren yang terjadi terhadap Pasar merupakan salah satu Strategi Pemasaran dan Salah Satu Skill yang wajib dimiliki seseorang Pebisnis jika ingin menjadi seorang Pengusaha yang Sukses.

dalam sebuah Bisnis kita tidak bisa dan boleh monoton terhadap ide dan keinginan semata kita sebagai pedagang. kita harus care dan peka terhadap kebutuhan pasar beserta orang-orang didalamnya.

Mendengarkan setiap apa yang mereka katakan, dan tanyakan adalah kuncinya. dengan begitu, kita akan mudah menangkap apa perkembangan atau penambahan yang bisa kita lakukan kedepannya pada bisnis usaha yang telah dirintis.

karena jika tidak, bisa dipastikan apa yang telah kita dirikan dan upayakan akan segera ditinggalkan karena tidak dianggap UptoDate dalam mamenuhi kebutuhan Para konsumen.

Ambil Contoh, Merk Sebesar NOKIA dan KODAK. Pikirkan beberapa Puluh atau belasan tahun belakang bagaimana besarnya kedua Merk dagang tersebut. lalu, lihat apa yang terjadi kepada Keduanya kini.

Akibat apa? tidak lain dan bukan dikarenakan tidak jeli dan pintarnya mereka dalam membaca dan memahami Kebutuhan para Konsumen serta abainya mereka terhadap Tren yang sedang terjadi di Pasar.

Percaya terhadap kualitas Produk milik kita, boleh saja dan justru jadi hal yang utama dalam bisnis. tapi bagaimana kita bisa melakukan inovasi terhadap Produk tersebut adalah hal lain yang akan menentukan bertahannya kita bersama si Produk didunia bisnis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak