Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Kerja Mesin Motor Listrik Pada Motor dan Mobil Listrik

Cara Kerja Mesin Motor Listrik


Dunia Otomotif khususnya motor dan mobil kian hari mengalami perkembangan yang tidak bisa dikatakan biasa saja, karena tekhnologi yang dipakai semakin canggih dalam cara yang cukup pesat. Dunia Otomotif mobil dan motor yang kini telah memasuki babak baru dimana telah memasuki tekhnologi listrik pada mesinnya pun tidak bisa diabaikan begitu saja, demi agar mampunya kita untuk beradaptasi dalam mengikuti perubahan dan perkembangannya.

agar tidak tertinggal, untuk itu kita perlu tahu soal apa itu mesin listrik, cara kerja mesin listrik terhadap motor dan mobil listrik, serta kelebihan dan kekurangannya. untuk itu, mari simak pembahasan soal cara kerja mesin pada motor dan mobil listrik berikut.

Apa Itu Motor Listrik dan Cara Kerjanya?

Motor listrik yang saat ini banyak digunakan pada kendaraan baik roda dua maupun roda empat merupakan alat yang mampu mengubah energi listrik menjadi sebuah energi mekanik begitupun sebaliknya mengubah energi mekanik menjadi energi listrik yang kita sering sebut sebagai dinamo atau generator.

dan sebenarnya, jauh sebelum motor ataupun mobil listrik begitu marak diproduksi dan terlihat saat ini. kita sudah lebih dulu mengenal beberapa barang-barang ataupun benda yang menggunakan teknologi ini dalam kehidupan kita sehari-hari. seperti : kipas angin, mesin cuci, vacum cleaner dan lain-lain.

dan cara kerja mesin listrik ini terhadap motor listrik ataupun mobil listrik ialah dengan cara, dimana sesaat energi listrik diberikan kepada mesin listrik, maka selanjutnya motor listrik akan mengkonversi energi listrik tersebut menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran atau rotasi pada mesin listrik. 

selanjutnya, putaran mesin tersebut memutar transmisi untuk kemudian memberikan energi putaran kepada roda baik itu motor ataupun mobil agar bisa berjalan.

Apakah Mobil ataupun Motor Berjenis Listrik Menggunakan Baterai?

Jawabannya adalah Iya, karena baterai merupakan salah satu komponen utama dan penting keberadaannya pada sebuah kendaraan khususnya kendaraan seperti mobil ataupun motor listrik.

Jenis Baterai Pada Motor dan Mobil Listrik

Jenis baterai seperti Ultracapacitor, Nickel Cadmium, Lead-Acid, Solid State dan juga nickel metal Hidryde (NiMH) merupakan jenis baterai yang dapat dan bisa digunakan pada Mesin Motor Listrik baik Mobil ataupun Motor Listrik. namun jenis yang umum digunakan pada mobil dan motor listrik adalah jenis Lithium Ion (Li-ion).

Kelebihan dan Kekurangan kendaraan Listrik

bagi anda yang sudah ngebet atau kepengen sekali untuk memiliki ataupun mempunyai kendaraan listrik, maka ada baiknya untuk mengetahui akan kelebihan ataupun kekurangan dari kendaraan yang memakai mesin berjenis listrik ini.

Kelebihan Kendaraan Listrik

Efisiensi merupakan salah satu kelebihan yang paling menonjol dari jenis kendaraan listrik. bahkan diklaim oleh pihak pabrikan, bahwa efisiensi yang dapat dicapai bisa hingga angka 90%. tentu pemanasan global yang diakibatkan oleh pemakaian bahan bakar berjenis bensin ataupun solar pada kendaraan dapat berkurang secara drastis dalam tahun-tahun selanjutnya ketika kendaraan listrik ini mulai banyak digunakan oleh manusia nantinya.

Kekurangan Kendaraan Listrik

Keterbatasan jarak tempuh tentu menjadi salah satu kekurangan yang sangat besar bagi para pengguna atau mereka yang ingin memiliki kendaraan listrik saat ini. hal ini dikarenakan belum banyak ditemukan areal stasiun atau tempat charge bagi kendaraan listrik selayaknya pom bensin yang banyak bertebaran bagi kendaraan konvensional saat ini yang telah mencakup hingga pelosok negeri.

karena bahkan dikota-kota besar sekalipun stasiun pengecasan mobil listrik ini masih cukup jarang dan sulit ditemukan, konon lagi di area pedesaan atau pelosok. meskipun biaya pengecasannya dikategorikan jauh lebih murah dari harga pengisian BBM namun tetap hal ini menjadi kekurangan besar bagi kendaraan listrik.

demikian sedikit ulasan otomotif dari kami, dan sampai jumpa lagi pada kseempatan dan juga artikel-artikel menarik lainnya dari kappabels.com, salam.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak