KONSULTAN dan Manfaat Penggunaan ISO Pada Bisnis

 

KONSULTAN dan Manfaat Penggunaan ISO Pada Bisnis

Jika Sebelumnya saya sudah membahas tentang ISO 9001, pada artikel ini saya akan membahas tentang satu lagi standarisasi dalam dunia bisnis yaitu ISO 45001. dan Konsultan Iso 45001 (Sistem Manajemen K3) merupakan sebuah standar internasional baru untuk sistem manajemen pada kesehatan dan keselamatan kerja.

ISO 45001 hadir dikarenakan banyaknya angka statistik terhadap insiden keamanan dan kecelakaan kerja beserta biaya yang merugikan, dimana terus meningkat setiap harinya di seluruh dunia.

BACA JUGA Konsultan ISO 9001

dan Jika pada dasarnya suatu pedoman keselamatan dan kesehatan berinternasional kebanyakan sudah dapat kita gunakan oleh organisasi/perusahaan. Namun kali ini, hal tersebut rupanya banyak yang janggal dan di temukan ketidaksesuaian terhadap yang terjadi di lapangan.

dan diKarenakan adanya standar tersebut, perusahaan akan berupaya mengatasi berbagai resiko keselamatan dan mampu menjaga kesehatan kerja dengan lebih baik di masa depan.

Yang biasa disingkat dengan HLS (High Level Structure) yang mana merupakan struktur baru dalam ISO 45001 tahun 2018 yang juga meliputi :

  1. Integrasi yang terjalin dan tersusun baik antar sistem manajemen
  2. Manajemen perusahaan yang menjadi dan semakin terpadu dengan pendekatan
  3. Menciptakan sistem manajemen yang lebih merefleksikan kompleksnya lingkungan dimana tempat perusahaan beroperasi
  4. Kemampuan suatu organisasi dalam mengatasi setiap resiko keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan akan meningkat.

Syarat-Syarat Utama dalam Sertifikasi ISO 45001: 2018

  1. Penetapan Ruang Lingkup

yang mana Merupakan syarat pertama agar memungkinkannya organisasi menciptakan kondisi kerja yang lebih sehat dan aman.

dan Apabila suatu waktu pada prakerja terjadi kecelakaan dan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan dapat di tanggulangi.

karena Bagaimana pun, keselamatan dan kesehatan serta kinerja kerja juga sepatutnya dapat kita tingkatkan secara proaktif.

  1. Rangka Acuan Normatif

Karena Menurut dasarnya, dalam ISO 45001:2018 adalah tidak adanya referensi yang bersifat normative.

Namun, syarat ini mempertahankan pada skema penomoran persis seperti yang terdapat pada standar ISO lainnya.

  1. Acuan Istilah dan Definisi

Menurut kepada istilah dan definisi dalam hal ini memberikan pedoman lanjutan yang jelas agar tidak terjadi kesalah pahaman sesama dimasa depan.

Jika definisi yang sudah ada dari beberapa yang sudah revisi dan ada juga beberapa definisi yang merupakan tambahan dalam hal keterkaitan dengan perusahaan, sebagai contoh partisipasi karyawan, risiko kerja, konsultasi masalah, cedera kerja, dan juga keselamatan serta kesehatan kerja.

  1. Konteks Organisasi

dalam Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada  konteksi organisasi di perusahaan yang dapat mendukung ISO 45001.

sedangkan Faktor eksternal dan internal pun dapat lebih mudah diidentifikasi oleh perusahaan terkait dalam hal Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja.

dalam hal ini Terdapat pula pembahasan mengenai sikap preventif yang mana meliputi relevansi masalah internal ataupun eksternal yang harus bisa di identifikasi oleh perusahaan dikarenakan hasilnya bisa dapat mempengaruhi Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja.

Manfaat dengan Menerapkan ISO 45001 2018 Bagi Perusahaan

tentu saja Keuntungan yang diterapkannya ISO 45001 tahun 2018 begitu banyak bagi perusahaan Anda.

sebagai contoh, pada Kasus kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat dikurangi dan di minimalisir dengan terapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja.

  • Bahaya dan resiko yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan dapat diminimalisir dengan menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja. dan Selain itu, hal tersebut juga bisa kita upayakan agar hilang atau terkendali.
  • Kesadaran pengusaha akan resiko K3 bisa meningkat pada berbagai lapisan perusahaan.
  • Terkait pada K3 peraturan pemerintah akan bisa lebih dipahami dan juga dipatuhi.
  • sedangkan Untuk pengendalian operasional dan risiko Kesehatan juga Keselamatan kerja.
  • Kinerja Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja dapat lebih terevaluasi dan di perbaiki dengan tepat dan juga berkelanjutan.
  • dan juga, Karyawan perusahaan dapat berperan lebih aktif dalam pelaksanaan K3 dengan terapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja.
  • Efektifitas dari pekerja dan efisiensinya tentu dapat mengurangi angka cedera dan juga sakit akibat kerja.
  • dan tentunya terbuka peluang pasar baru terutama untuk customer perusahaan yang mensyaratkan K3.
  • dan juga, Persyaratan tender ataupun hal terkait bisnis lainnya dapat segera terpenuhi dengan diterapkannya Sistem Manajemen Kesehatan dan juga Keselamatan Kerja.
  • Seluruh biaya insiden kecelakaan kerja karyawan dapat dikurangi.
  • Downtime serta biaya yang diakibatkan dari gangguan operasional dapat dikurangi.
  • Biaya asuransi premi akibat cidera kerja karyawan dapat diminimalisir.
  • Tingkatan turn over dan ketidak hadiran karyawan pada perusahaan juga dapat dikurangi

Berapa Biaya Konsultasi & Sertifikasi ISO 45001 tahun 2018

pada dasarnya dalam menentukan jumlah harga konsultasi dan sertifikasi ISO 45001:2018 tidak terdapat harga yang baku.

berikut Antara antara lain beberapa acuan yang harus menjadi perhatian oleh konsultan ISO 45001 :

  • Besar atau Ukuran organisasi maupun perusahaan
  • Berapa Jumlah karyawan
  • Berapa banyak Jumlah cabang perusahaan yang tersebar
  • Dimana Tempat atau lokasi perusahaan
  • Scope pada organisasi ataupun perusahaan
  • Target pada waktu yang sebelumnya telah ditentukan.

  • Waktu yang Dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 45001:2018

  • Berapa lama khususnya waktu yang kita perlukan untuk sertifikasi ISO 45001:2018? dan Nyatanya semua hal tersebut tergantung kepada kesiapan perusahaan itu sendiri.

    Terdapat beberapa proses yang kini sudah mulai ataupun sedang berjalan dalam organisasi akan menentukan lamanya proses tersebut. mulai dari melengkapi persyaratan, audit, hingga pada mendapatkan sertifikat ISO 45001 itu sendiri.

    dan Jika, rata-rata hal tersebut bisa dalam waktu tiga sampai dengan empat bulan oleh seorang konsultan ISO 45001 untuk dapat menyelesaikan tugasnya.

    dan Apabila pada proses selanjutnya dalam audit, dapat lulus, maka kemudian sertifikasi oleh organisasi standarisasi internasional, sudah bisa diberikan kepada sebuah perusahaan yang berhak memiliki label “ISO 45001 2015 Certified” atau bisa juga dengan “ISO 45001 2018 Registered”.

    kedua Label ini juga sebagai bukti jika perusahaan tersebut telah memenuhi klausul atau syarat dalam sertifikasi ISO 45001 2018.

    Jasa Konsultan ISO 45001 2018 di Indonesia

    Beberapa Formasi Bisnis Indonesia telah menyediakan jasa konsultan ISO 45001 2018.

    dan tentunya Telah didukung oleh tenaga ahli yang kompeten serta berpengalaman dalam bidangnya. dan Kami yakin mampu memberikan hasil yang maksimal dan tentu sesuai dengan target.

    dan Tidak hanya itu saja, Formasi Bisnis Indonesia juga sudah memiliki sertifikat ISO 45001:2018.

    kemudian Selanjutnya inilah tahapan-tahapan didalam proses konsultasi ISO 45001 2018 secara garis besar:

    1. Proses Project Kickoff
    2. Proses Gap Analisys
    3. Proses Awareness ISO 45001 2018
    4. Proses Design and Development
    5. Tahapan Implementation
    6. dan, Internal Audit

    dan kemudian, Setelah enam tahapan tersebut terlaksana dengan baik dan benar maka tahapan selanjutnya akan dilakukannya external audit untuk menilai apakah perusahaan Anda sudah memenuhi syarat standar untuk mendapatkan sertifikat ISO 45001 tahun 2018 atau bisa jadi belum.

    dan Untuk jasa konsultasi saja biasanya hanya pada enam tahapan tersebut, namun jika Anda membutuhkan hal lebih dari Kami untuk pendampingan sampai dengan sertifikat di terbitkan maka Kami bisa melakukannya.

    dan Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan ISO 45001:2018 serta membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai ISO 45001;2018, tentu dengan senang hati Kami akan senantiasa untuk membantu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url