5 Cara Atur Keuangan Usaha Dengan Efisien

 

cara atur keuangan bisnis dengan benar

Dalam membuat sebuah usaha, hal lain yang penting untuk di lakukan dan wajib diperhatikan agar usaha yang dibangun mengalami kemajuan dan profit yang diharapkan, selain kemampuan dan keahlian manajemen pemasaran atau marketing juga adalah bagaimana cara mengatur keuangan usaha tersebut.

pada artikel kali ini, setidaknya ada 5 hal atau cara paling efisian dalam mengatur keuangan usaha agar sebuah bisnis tersebut dapat berkembang seperti yang diinginkan.


Buat Perencanaan

Hal penting pertama dari cara mengatur keuangan sebuah usaha adalah buat perencanaan usaha secara matang, anda harus tau bahwa tidak akan cukup hanya dengan membuat sebuah rencana memproduksi dan menjual produk saja.

tapi bagaimana keuangan didalam usaha tersebut akan digunakan dan diputar kembali kedalam arus kas dengan lebih cepat agar bisa mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih besar.


Membuat Catatan Pengeluaran

Yang sering diabaikan oleh para pengusaha atau seorang pebisnis dari usahanya adalah mencatat pengeluaran. karena seringnya hanya berfokus terhadap pendapatan, sehingga catatan yang dilakukan atau dibuat hanya sebatas pada catatan pemasukan saja.

padahal, seperti yang diketahui bersama adalah catatan antara pemasukan dan pengeluaran haruslah seimbang dan sesuai dengan kondisi maupun keadaan dari usaha tersebut. dan satu hal yang penting untuk diingat juga adalah, catat pengeluaran pribadi yang mana dalam hal tersebut memakai atau menggunakan dana dari usaha yang sedang dijalankan.


Atur Harta, Modal dan Hutang

Seperti halnya pencatatan keuangan dimana mengenai Keuangan Keluar kerap dilupakan, begitu juga tidak sedikit dari pengusaha yang selalu berfokus terhadap keuntungan namun kerap lupa akan pengembalian modal dan pembayaran hutang.

anda wajib mengingat bahwa dalam bisnis yang harus anda atur dan manajemen bukan hanya keuntungan, tapi juga bagaimana mengelola harta perusahaan, meningkatkan nilai modal dan tidak lupa untuk mengurangi nilai hutang yang ditanggung.


Buat Anggaran Rutin

Dalam usaha anda harus tau kemana uang yang dimiliki oleh perusahaan akan dikemanakan. agar tidak melebihi anggaran, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara membuat daftar anggaran rutin.

seperti membeli bahan baku, kemasan produk, dan juga anggaran untuk pemasaran produk tersebut. semua hal tersebut tidak bisa anda abaikan dari hal tentang bagaimana cara mengatur keuangan sebuah bisnis.


Menyiapkan Dana Darurat

Dan Terakhir dari bagaimana cara mengatur keuangan sebuah usaha adalah, selalu siapkan anggaran untuk dipakai atau digunakan sebagai dana darurat. anda harus selalu ingat bahwa semaju apapun usaha yang anda rintis saat ini, akan selalu ada kemungkinan untuk mengalami keadaan atau kondisi yang buruk.

dan tentu saja, kondisi terburuk dari sebuah usaha adalah tidak berputarnya modal atau justru malah usaha tersebut akan kehabisan modal. untuk itu anda akan sangat membutuhkan dana darurat untuk menjaga kelangsungan dari usaha tersebut. dan bagaimana cara mendapatkan dana darurat tersebut, tentu adalah dengan menyisihkan dari keuntungan yang bisa didapat.

demikian sedikit ulasan dari kami kappabels.com, semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam mengatur dan mengelola keuangan usaha yang sedang dibangun. sampai jumpa di artikel kami yang lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak