5 Cara Hemat Listrik yang Efektif

 

cara efektif dalam menghemat listrik

Siapa diantara anda yang sering terkejut bahkan terkaget-kaget dengan tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak. atau merasa jika token sepertinya baru diisi beberapa hari lalu, tapi meteran kok pagi ini sudah bunyi nyaring ya. 

padahal ngerasa pemakaian barang elektronik yang menggunakan daya listrik di rumah wajar aja. bagi anda yang sering ngerasa gini artinya kita sama, dan berikut kami bagikan rahasia atau bagaimana cara menghemat listrik dirumah 

5 Cara Menghemat Listrik

1. BERALIH KE LAMPU LED

Rasanya masih banyak diantara kita yang sampai hari ini belum memiliki kesadaran untuk mengganti penerangan ditempat tinggalnya menggunakan lampu LED atau lampu hemat energi. entah atas dasar alasan apa, tapi itu masih sering di lihat dan jumpai disekeliling kita.

2. CABUT KABEL LISTRIK DARI ALAT ELEKTRONIK SAAT MALAM

Tanpa kita sadari, sering kali terlupa untuk mencabut kabel dari perangkat elektronik saat tidak lagi digunakan. terlebih lebih ketika malam hari, teramat sering rasanya kita membiarkan perangkat elektronik dibiarkan dalam keadaan kabel power masih tercolok di stop kontak saat kita tinggal tidur. bayangkan berapa banyak daya yang terserap selama satu malam. itupun hanya untuk satu perangkat elektronik, bayangkan jika kita memiliki 4 alat eletronik dengan kondisi yang sama.

3. GUNAKAN LAMPU SEPERLUNYA

Seringkali kita entah untuk alasan apa, menghidupkan lampu ketika siang hari. padahal cahaya matahari lagi terang-terangnya dan tembus sampai kedalam rumah. mulai sadar dan kurangi hal tersebut ya jika sering dilakukan.

4. MEMBELI PERANGKAT ELEKTRONIK HEMAT ENERGI

Kita sering lupa jika membeli barang hanya mengutamakan fungsi dan tampilan menariknya. dan mengabaikan apakah dia hemat energi atau tidak. dan mulai sekarang, cobalah lebih teliti untuk memperhatikan berapa daya listrik yang dibutuhkan perangkat tersebut.

5. TANAMKAN KESADARAN UNTUK HEMAT BERSAMA

Percuma jika anda sudah memiliki perangkat listrik yang serba hemat energi dirumah, dan kesadaran untuk tidak menggunakan alat yang membutuhkan aliran kecuali memang dibutuhkan jika hanya anda sendiri yang melakukannya. ajak semua anggota keluarga untuk terlibat didalamnya, tanamkan kesadaran bahwa listrik harus dijaga tidak hanya untuk dihemat demi kelangsungan hidup bersama dan anak cucu dimasa depan. sekian, terima kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

MGID

Formulir Kontak