3 Macam Pembeli dan Cara Menarik Perhatiannya

 

macam pembeli dan cara menarik perhatian mereka

Dalam dunia bisnis, khususnya pada bidang atau bagian marketing. kita harus tau dan pintar-pintar dalam mengkategorikan tipe-tipe pembeli atau pelanggan.

Tentu bukan tanpa alasan, sebab dengan mengetahui dan mengkategorikan macam-macam atau tipe dari pembeli. Maka artinya kita juga akan menjadi sedikit atau bahkan jauh mengetahui dalam hal tentang bagaimana cara untuk dapat menarik perhatian mereka agar membeli produk yang kita jual.

Dan pada ulasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 3 macam atau jenis pembeli (pelanggan) dan cara menarik perhatiannya.

COLD MARKET

Jika diartikan dalam bahasa indonesia, maka arti dari istilah ini adalah konsumen yang dingin. Tentunya bukan dingin suhu tubuhnya ya.

Istilah ini merujuk kepada orang-orang atau calon konsumen yang tidak menunjukkan minat sedikitpun dalama hal ekspresi terhadap produk yang kita sudah coba tawarkan.

namun, bukan lantas berarti mereka adalah target yang tidak potensial. Karena tipe cold market sendiri biasanya justru menjadi kostumer setia kita apabila mereka sudah mengenal baik kita maupun produk yang sudah kita pasarkan kepada mereka.

Dan seperti yang baru saja kami singgung, bahwa sikap dingin mereka terhadap kita dan terutama produk yang kita tawarkan adalah lebih kepada belumnya mereka mengenal kita dan produk yang kita jual.

Maka dari itu, dibutuhkan strategi khusus untuk dapat menarik minat dan perhatian mereka. Dan caranya adalah:

kenalkan produk serta diri kita pribadi secara pelan dan bertahap kepada mereka. Alih-alih mencoba jenis marketing yang ekstrim dengan langsung menyodorkan diskon atau bonus pembelian.

Karena tipe pembeli macam ini terkadang lebih mengedepankan perasaan dan feel dengan sipenjual. Ikatan emosi dan kenyamanan sering kali lebih utama bagi mereka ketimbang nilai plus dari produk itu sendiri

WARM MARKET

Dalam bahasa indonesia, kita bisa mengartikan sebagai pasar yang sedang hangat. dan tentu saja dalam kiasan. hal ini dikarenakan jenis ataupun tipe pembeli atau konsumen seperti ini sudah mengenal kita atau produk yang kita jual sebelumnya.

sehingga, market satu ini mempunyai persentase kemungkinan untuk clossing ke kita sedikit lebih besar ketimbang cold market yang kita bahas sebelumnya.

namun ada tapinya, dalam hal menarik perhatian mereka kita tidak bisa dan tidak boleh terlalu agresif agar mereka bisa segera membeli produk milik kita.

lakukan soft selling pada mereka, seperti contoh. bagikan produk kita didalam status whatsapp ataupun story di IG. sampaikan dengan perlahan, seminggu sekali didalam group whatsapp coba jajakan produk yang kita miliki. terlebih lagi apabila ada momen tertentu yang berkenaan dengan produk yang kita punyai.

HOT MARKET

Tentu dari semua macam dan tipe pembeli, Para HOT Market adalah yang paling dicari dan disukai oleh semua pedagang. 

ibarat kata, apapun yang kita jual dan jajakan pasti akan menarik perhatian dan minat mereka dalam melakukan pembelian.

jika kamu sudah menemukan tipe pembeli atau konsumen semacam ini, maka langkah terbaik yang bisa dan harus dilakukan adalah jangan segan-segan dan pelit dalam memberikan promo dan diskon pada mereka.

karena dipastikan, merekapun tidak akan segan dan sungkan untuk mengeluarkan uang dari dompet untuk membeli produk yang kamu jajakan.

demikian sedikit ulasan dan artikel sederhana dari kami. sampai jumpa dan ketemu di kesempatan serta artikel-artikel menarik lainnya dari kami, kappabels.com. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url