Mengenal Perangkat Lunak ATS atau Applicant Tracking System pada Proses Recruitment

 

mengenal perangkat ATS atau Applicant Tracking System

Pertumbuhan tekhnologi juga turut mengiringi perkembangan beberapa tools atau perangkat lunak yang memudahkan perusahaan demi mendapatkan Sumber Daya Manusia atau SDM yang Berkualitas. dan salah satu perangkat lunak tersebut adalah Applicant Tracking System yang biasa disingkat dengan ATS. 

Apa itu ATS?

ATS atau Applicant Tracking System dan yang biasa disebut juga dengan Sistem Pelacakan Pelamar merupakan sebuah perangkat lunak yang membantu Perusahaan, HRD ataupun Agensi Kepegawaian dalam memetakan serta mengelola data demi mempercepat Proses Perekrutan Karyawan atau Sumber Daya Manusia berkualitas untuk Perusahaan.

Mengapa ATS Penting?

Persaingan Perusahaan masa kini tidak hanya seputar perebutan market dan konsumen, tapi juga melibatkan persaingan dalam hal mendapatkan SDM atau Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Mendapatkan SDM Berkualitas dalam hal talenta juga kepribadian yang tepat dengan kriteria yang diinginkan perusahaan merupakan tantangan tersendiri bagi para perekrut di perusahaan.

Untuk hal tersebutlah ATS penting untuk dihadirkan didalam sistem perekrutan di perusahaan. karena ATS Tidak hanya handal dalam hal mencari Kandidat Karyawan baru yang berpotensi dan handal. tapi juga mampu menilai potensi seorang pelamar sampai dengan mengevaluasi kinerja hingga memberi laporan wawasan dalam analisa yang hampir 100% tepat.

Bagaimana Proses didalam ATS?

ada beberapa alur yang dijalankan dalam perangkat lunak ATS untuk mendapatkan calon karyawan dengan talenta yang tepat bagi perusahaan. berikut alur kerja pada ATS :

  • Penciptaan Lowongan Pekerjaan
  • Menerbitkan Lowongan didalam Website Perusahaan atau Website Penyedia Lowongan Kerja
  • Pencari Kerja Melakukan Pelamaran
  • Penyaringan Pelamar Kerja
  • Interview dan Tes Kerja Oleh Perekrut
  • Penerimaan Pelamar SDM yang Berkualitas

Siapakah yang Menjadi USER atau Pengguna ATS?

Dalam Dunia Kerja pada Umumnya ada Dua USER atau Pengguna dari Perangkat Lunak ATS ini. Dimana yang Pertama adalah Bagian HRD Atau Staff Rekrutmen di Perusahaan dan yang Kedua adalah Instansi atau Agensi Karyawan yang memiliki pekerjaan sebagai sarana penghubung antara perusahaan atau pencari Pekerja dengan para Pencari Pekerjaan.

Bagaimana Cara Memilih ATS Terbaik bagi Perusahaaan?

  • Tentukan Anggaran yang Akan Dikeluarkan
  • Sesuaikan Dengan Jenis Pekerjaan pada Perusahaan
  • Evaluasi Perangkat ATS
  • Pastikan Support di Perangkat Mobile
  • Keamanan data yang Terjaga
Hampir seluruh Perusahaan penyedia ATS meng Klaim bahwa Perangkat Lunak mereka adalah yang terbaik. namun bagi anda, apakah sebuah ATS itu merupakan perangkat terbaik adalah dengan menyesuaikan beberapa hal diatas tersebut dengan perusahaan anda.

Tentang Berapa anggaran yang perusahaan anda miliki atau ingin keluarkan demi memiliki perangkat lunak ATS, Jenis Pekerjaan yang perusahaan anda bidangi apakah cocok dengan Mengaplikasikan ATS, Catat dan Evaluasi beberapa kekurangan yang dimiliki agar optimal dengan kebutuhan perusahaan anda.

juga jangan mengabaikan pentingnya perangkat tersebut untuk support dengan perangkat mobile karena dapat dipastikan 90% Pelamar akan meng Apply lamaran lewat telepon genggam mereka. dan juga satu yang sangat penting adalah, apakah keamanan data Perusahaan dan khususnya para pelamar aman terjaga pada Perangkat ATS yang akan anda gunakan diperusahaan nantinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url