Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Langkah Mudah Membuat Sebuah Usaha

 

langkah sederhana membangun bisnis

Bagi kebanyakan orang, bukan soal modal ataupun soal matangnya konsep yang membuat rencana untuk membuat bisnis tertunda. dan seringkali yang menghambat justru adalah hal-hal sederhana. namun, meskipun dikatakan sebagai hal yang sederhana, tidak semua orang paham dan tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. dan untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami beri sedikit ulasan tentang langkah-langkah sederhana untuk kalian yang sedang ingin membangun sebuah bisnis.

BACA JUGA CARA MENJAGA PRIVASI PELANGGAN ANDA

PILIH NAMA YANG BAGUS

Merek dagang adalah hal sederhana namun menjadi salah satu yang utama dalam sebuah bisnis. banyangkan sebuah usaha tanpa merek dagang? apa jadinya merek-merek besar yang ada dan kita kenal saat ini hadir tanpa nama yang jelas dan bagus yang mudah untuk kita ingat? itu sebabnya sebelum membangun bisnis, tentunkan lebih dulu nama brand yang ingin anda dirikan.

TENTUKAN RENCANA BISNIS

Terlihat sederhana seperti hanya sekedar memiliki modal, mendirikan, lalu memasarkan. tapi ketahuilah dan percaya bahwa ini adalah langkah sederhana penting dalam membangun bisnis agar bisa berkembang. dengan perencanaan bisnis, anda akan bisa mengidentifikasi dan memecahkan tiap masalah dan kelemahan dalam bisnis anda nantinya.

MEMBUKA REKENING BISNIS

Diantara Keuangan Pribadi dengan Keuangan Bisnis atau Usaha sudah wajar dan sepatutnya memiliki perbedaan. karena bisnis dan kehidupan pribadi yang sehat tidak semestinya mencampurkan keduanya dalam satu waktu. banyak para pemula dalam bisnis yang mengabaikan hal sederhana dalam bisnis tersebut. menyepelekannya dengan mencampur dan menganggap sama antara rekening bisnis dan pribadi.

anda harus bisa membedakan keduanya dengan membuat atau memisahkannya kedalam dua rekening yang berbeda. jangan sampai kondisi bisnis anda yang sewaktu-waktu bisa saja berada dalam keadaan yang tidak bagus dan selayaknya mengganggu kehidupan pribadi anda dan keluarga dirumah nantinya.

DAFTARKAN PAJAK BISNIS ANDA

Sederhana dan cenderung diabaikan memang. tapi dengna mendaftarkan Bisnis anda ke Kantor Pajak dan memiliki NPWP khusus bagi perusahaan anda akan membuat perusahaan anda tampak bonafit dimata para kolega bisnis anda nantinya. dan tentunya hal itu menunjukkan bahwa anda adalah seorang pengusahan yang baik dan layak untuk diajak kerjasama dengan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang taat dan patuh pada pajak.

URUS SURAT IJIN USAHA

Hal Sederhana berikutnya dalam membangun bisnis adalah pentingnya pengurusan terhadap surat-menyurat yang menyangkut kepada ijin usaha anda nantinya. jangan sampai usaha anda yang sudah terlanjur berjalan dan apalagi besar nantinya bermasalah ataupun terkendala dalam perkembangannya hanya dikarenakan masalah sepele seperti hal tersebut.

TENTUKAN MODAL

Modal adalah hal terpenting. namun menentukan modal awal adalah hal yang berbeda. besarnya modal awal yang ingin anda kucurkan atau keluarkan untuk memulai sebuah usaha akan menentukan langkah awal seperti apa yang akan dimulai oleh bisnis yang sedang anda bangun. saran saya, keluarkan modal yang tidak mencapai setengah dari tabungan anda untuk melihat bagaimana perkembangannya selama beberapa waktu kedepan.

RISET KEBUTUHAN PASAR

Mengetahui dimana letak pasar berbeda dengan mengetahui apa kemauan ribuan orang yang berada ataupun berbelanja didalamnya. lihat kemana arah keinginan konsumen berada, dan sesuaikan produk yang anda miliki untuk memenuhi kebutuhan mereka. sebagai sebuah bisnis atau usaha yang baru, anda tidak bisa memaksakan konsumen untuk mengikuti kemauan bisnis anda. sebaliknya, bisnis andalah yang seharusnya mengikuti kemauan mereka. beda halnya jika nanti brand yang anda bangun sudah tertanam dalam benak dan keinginan para konsumen, maka arah angin bisnis inipun akan berbalik dimana anda yang akan menentukan apa yang para konsumen miliki nantinya.

ATUR PENGELUARAN UNTUK GAJI

Hal ini tampak sederhana tapi sangat penting. memberikan gaji atau upah yang pantas tidak hanya pas. pantas untuk memenuhi kebutuhan karyawan anda selama sebulan, pantas untuk diterima karyawan anda atas kerja kerasnya membantu anda dalam bisnis, dan tentunya yang tidak kalah penting adalah pantas untuk agar karyawan anda bisa menghargai anda dan bisnis tersebut. 

banyak pengusaha yang lalai dan lupa pada hal tersebut, mereka menganggap bahwa upah ataupun gaji hanya dibayar cukup dengan kata pas. padahal, tidak pantas bahkan hanya untuk agar orang-orang yang bekerja dengannya bisa menghargainya.

CARA AGAR BISNIS BISA SUKSES

Sukses dalam bisnis tidaklah semudah untuk diucapkan. dalam beberapa riset soal bisnis yang ada sampai saat ini, hanya ada 2 sampai dengan 3 bisnis dari total 10 bisnis baru yang bisa bertahan setelah beberapa bulan atau tahun semenjak dibangun. itu artinya, untuk bisa bertahan saja akan dirasa hebat apalagi jika mencapai kata sukses nantinya.

anda harus melakukan banyak analisis, penyesuaian, hingga koreksi terhadap beberapa hal dalam bisnis yang dibangun nantinya. perkembangan para pesaing, keinginan pasar atau konsumen yang terus berubah seiring waktu. semua itu harus terus anda perhatikan dan lihat dengan seksama. apakah produk bisnis anda masih relevan terhadap zaman dan kemauan konsumen, bisakah produks bisnis anda berjalan berdampingan dengan hal tersebut atau justru telah tertinggal. itu semua butuh proses dan keuletan dari anda sendiri sebagai seorang pebisnis. 




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak